0
Thumbs Up
Thumbs Down

Patroli Kawasan tanpa Rokok Diperluas di Malioboro

Republika Online
Republika Online - Wed, 16 Oct 2019 09:50
Dilihat: 26
Patroli Kawasan tanpa Rokok Diperluas di Malioboro

YOGYAKARTA -- Satgas Kawasan Tanpa Asap Rokok akan memperluas cakupan patroli ke kawasan wisata Malioboro. Satgas tersebut dibentuk Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mendukung penegakan Perda Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok

"Perluasan cakupan patroli ke Malioboro akan kami lakukan setelah kami mengintensifkan patroli di kompleks Balai Kota Yogyakarta. Patroli di kompleks balai kota akan lebih banyak dilakukan oleh petugas perempuan," kata Koordinator Satgas Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Yogyakarta, Rabu (16/10).

Menurut dia, sejak dikukuhkan sekitar satu bulan lalu, petugas masih kerap menemui pegawai atau tamu di lingkungan Balai Kota Yogyakarta yang merokok sembarangan. Mereka tidak memanfaatkan fasilitas berupa ruang khusus merokok yang sudah disiapkan.

Masih banyaknya temuan tamu yang merokok sembarangan tersebut disebabkan tamu yang datang ke Balai Kota Yogyakarta selalu berganti setiap waktu. "Jadi, ada saja temuan tamu yang merokok sembarangan. Bisa 10 sampai 20 orang," kata Agus.

Dia menyebut ia pun berusaha tertib dengan tidak merokok sembarangan dan menerima jika ada orang yang mengingatkannya agar tidak merokok sembarangan. Hingga saat ini, Agus mengatakan, belum ada perokok yang ditindak secara yustisi karena melanggar Perda KTR. Proses penegakan perda baru sebatas pada tindakan peringatan meskipun sanksi pidana berupa kurungan satu bulan dan denda maksimal Rp 7,5 juta bisa diterapkan.

"Patroli di kawasan Malioboro sangat diperlukan karena kawasan tersebut merupakan wajah Kota Yogyakarta dan masuk dalam salah satu kawasan larangan merokok di dalam perda," katanya.

Kawasan tersebut selalu menjadi tujuan utama wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta sehingga pemerintah daerah perlu memastikan agar wisatawan yang berkunjung tetap merasa nyaman karena lingkungan bersih dan sehat. "Tidak semua wisatawan yang ke Malioboro adalah perokok sehingga perlu diberikan lokasi-lokasi khusus merokok di kawasan itu," katanya

Agus menyebut setidaknya dibutuhkan tiga lokasi khusus merokok. Meskipun demikian, lokasi khusus merokok tersebut akan didesain sesuai dengan konsep penataan di Malioboro.

"Misalnya, hanya menyediakan semacam asbak berukuran besar sehingga keberadaan lokasi khusus merokok tidak mengganggu desain penataan Malioboro," katanya.

Selain menerjunkan petugas patroli, imbauan agar wisatawan tidak merokok sembarangan juga akan dilakukan melalui radio yang mengudara di Malioboro, Widoro. Radio ini dapat didengarkan oleh seluruh pengunjung di kawasan wisata tersebut.


"Saya kira, imbauan melalui radio akan sangat efektif. Kegiatan ini bukan melarang perokok untuk merokok tetapi mengarahkan mereka agar merokok di lokasi yang sudah ditetapkan," katanya.

Berita Terkait
  • Kawasan Tanpa Rokok di Yogyakarta Sudah Capai 30 Persen
  • Tari Angguk di Jogja International Street Performance
  • Di Depok, Merokok di Angkot Didenda Rp 1 Juta
Berita Lainnya
  • 59 Budayawan dan Seniman dapat Penghargaan dari Kemendikbud
  • Korban Demo Akbar Alam Sempat Mengunggah Status di Instagram

Patroli Kawasan tanpa Rokok Diperluas di Malioboro

Patroli Kawasan tanpa Rokok Diperluas di Malioboro

Patroli Kawasan tanpa Rokok Diperluas di Malioboro

Patroli Kawasan tanpa Rokok Diperluas di Malioboro

Patroli Kawasan tanpa Rokok Diperluas di Malioboro

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya