0
Thumbs Up
Thumbs Down

PDIP Genjot Aksi Donor Darah

Nusabali
Nusabali - Mon, 10 May 2021 11:20
Dilihat: 49
PDIP Genjot Aksi Donor Darah
Aksi ini sebagai wujud emansipasi kemanusiaan jajaran partai terhadap masyarakat yang selama ini didera kesulitan mendapatkan darah untuk perawatan keluarga yang sakit.

Aksi itu pula untuk menyikapi kelangkaan stok darah yang makin membebani PMI Cabang Gianyar. Kelangkaan terjadi karena pencegahan kerumunan warga akibat pandemi Copvid-19 sejak Maret 2020. Kegiatan donor darah pun sangat terbatas. Hal itu ditegaskan Sekretaris DPC PDIP Gianyar Ketut Sudarsana di sela-sela aksi donor darah oleh jajaran PDIP Gianyar, Sabtu (8/5). ''Sejak 26 April lalu, secara bergelombang kami menggelar donor darah selama 10 hari di Unit Donor Darah (UDD) PMI Cabang Gianyar. Diawali jajaran struktur dan kader PDIP,'' jelas Ketua Fraksi PDIP DPRD Gianyar ini.

Sudarsana menambahkan, aksi donor darah bertema 'Setetes Darah Untuk Kemanusiaan' ini dimulai
pada 26 April oleh jajaran struktur PAC PDIP Kecamatan Tampaksiring dan kader. Lanjut, 29 April PAC Gianyar, 30 April PAC Ubud, 1 Mei PAC Kecamatan Payangan, 2 Mei PAC Kecamatan Tegallalang, 4 Mei PAC Kecamatan Gianyar, Sabtu (8/5) PAC Sukawati. Setiap gelombang aksi donor melibatkan anggota Fraksi PDIP dari maisng-masing kecamatan.

Akasi ini berhasil mengumpulkan 200 kantong darah lebih. Jelasnya, pada Januari 2020, serangkaian peringatan HUT PDIP yang dipusatkan di Desa Pupuan, Kecamatan Tegallalang, dan Juni 2020 bertepatan dengan Bulan Bung Karno, juga digelar kegiatan yang sama. ''Stok darah di PMI Gianyar langka. Makanya, atas kondisi ini, kami terpanggil. Mudah-mudahan hasil dari kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat,'' jelas politisi asal Desa Singapadu Kaler, Kecamatan Sukawati ini.

Jelas dia, stok darah menjadi langka, selain karena imbauan tak berkerumunan untuk cegah penularan pandemi, juga karena musim vaksinasi Covid-19. Warga yang menjalani proses vaksinasi tidak dibolehkan untuk diambil darahnya. ''Dalam situasi seperti ini, kami jajaran partai harus ada di tengah-tengah rakyat. Ini misi kemanusiaan. Ini yadnya,'' ujarnya.

Ketua PMI Cabang Gianyar Ni Made Ratnadi SE menyampaikan terima kasih kepada jajaran PDIP Gianyar yang telah menyumbangkan darahnya. Dia mengakui musim pandemi menjadikan stok darah makin langka. Di sisi lain, kebutuhan darah untuk penanganan pelbagai penyakit di semua rumah sakit dan Puskesmas, makin meningkat.

''Sebenarnya, jika tidak ada pandemi, antusias warga dan komunitas masyarakat, untuk mendonorkan darahnya, cukup tinggi,'' jelas Ketua Komisi IV DPRD Gianyar ini. Ratnadi mengataka, sebelum pandemi, sebulan PMI Gianyar bisa mendapatkan antara 550 - 600 kantong darah. Kebutuhan darah di Gianyar rata-rata 750 kantong/bulan.

''Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran struktur dan kader DPC PDIP Gianyar yang telah membantu kami untuk menjaga ketersediaan darah di PMI Gianyar. Mudah-mudahan kegiatan ini bisah rutin dilaksanakan,'' jelas politisi asal Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar ini. *lsa
Sumber: Nusabali

PDIP Genjot Aksi Donor Darah

PDIP Genjot Aksi Donor Darah

PDIP Genjot Aksi Donor Darah

PDIP Genjot Aksi Donor Darah

PDIP Genjot Aksi Donor Darah

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya