0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pemberian Bintang Penghargaan Hak Mantan Pejabat Negara

Republika Online
Republika Online - Tue, 11 Aug 2020 14:00
Dilihat: 38
Pemberian Bintang Penghargaan Hak Mantan Pejabat Negara

JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, mengatakan pemberian bintang penghargaan kepada Fadli Zon dan Fahri Hamzah merupakan hak mereka sebagai mantan pimpinan lembaga negara. Bahkan, mantan pejabat yang kini terjerat hukum dulunya juga diberikan bintang penghargaan tersebut.

"Bahkan (sebelum ada masalah hukum), mantan pejabat seperti Irman Gusman, Surya Darma Ali, Jero Wacik, dan lain-lain sudah dianugerahi bintang tersebut," ungkap Mahfud melalui akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd, dikutip Selasa (11/8).

Dia menjelaskan, pemberian Bintang Mahaputra kepada Fadli Zon dan Fahri Hamzah adalah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mantan ketua atau wakil ketua lembaga negara, mantan menteri, dan yang setingkat memang mendapat bintang jasa seperti itu jika mereka sudah selesai tugas dalam satu periode jabatan.

"Pemerintah tidak boleh tidak memberikan tanpa alasan hukum. Jika bintang jasa tidak diberikan terhadap orang kritis berarti pemerintah mempolitisasi hak orang secara unfair (tidak adil)," kata dia.

Mahfud pun mengungkapkan, mantan pejabat yang mendapat Bintang Mahaputra pada Agustus ini ada banyak, ada mantan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Suhardi Alius, dan lain-lain. Kemudian ada juga bintang jasa kepada 22 tenaga medis yang gugur karena menangani Covid-19.

"Ada Bintang Pelopor, Penegak Demokrasi, dan lain-lain. Bulan November ada gelar Pahlawan. Semua ada undang-undangnya," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo rencananya akan memberi jasa pada sejumlah tokoh dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Dua di antaranya adalah mantan wakil ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

"Dalam rangka HUT Proklamasi RI ke 75, 2020, Presiden RI akan memberikan bintang tanda jasa kepada beberapa tokoh dalam berbagai bidang," cicit Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di akun Twitternya, Senin (10/8).

Fahri dan Fadli akan menerima Bintang Mahaputra Nararya. "Fahri Hamzah @Fahrihamzah dan Fadli Zon @fadlizon akan mendapat Bintang Mahaputra Nararya. Teruslah berjuang utk kebaikan rakyat, bangsa, dan negara," kata Mahfud dalam cicitannya.

Fahri dan Fadli merupakan dua politikus yang vokal mengkritik pemerintahan Presiden Joko Widodo. Fadli merupakan wakil ketua umum Partai Gerindra yang kini menjabat sebagai Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR.

Sedangkan, Fahri Hamzah juga merupakan mantan Wakil Ketua DPR. Kini ia adalah Wakil Ketua Umum Partai Gelora, yang didirikannya bersama mantan presiden PKS, Anis Matta.


Berita Terkait
  • Ini Kata Mahfud Soal Bintang Jasa untuk Fahri dan Fadli
  • Waketum PKB Tanggapi Bintang Jasa untuk Fadli dan Fahri
  • Fahri Sudah Tahu akan Diberi Bintang Mahaputera Nararya
Berita Lainnya
  • Pemberian Bintang Penghargaan Hak Mantan Pejabat Negara
  • Petani Ikuti Pelatihan Online Pembuatan Pestisida Alami

Pemberian Bintang Penghargaan Hak Mantan Pejabat Negara

Pemberian Bintang Penghargaan Hak Mantan Pejabat Negara

Pemberian Bintang Penghargaan Hak Mantan Pejabat Negara

Pemberian Bintang Penghargaan Hak Mantan Pejabat Negara

Pemberian Bintang Penghargaan Hak Mantan Pejabat Negara

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya