0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pemerintah Fokus Turunkan Angka Stunting

okezone
okezone - Mon, 29 Nov 2021 15:40
Dilihat: 67
Pemerintah Fokus Turunkan Angka Stunting

STUNTING hingga saat ini masih menjadi masalah nasional yang harus diatasi bersama. Meskipun prevalensi stunting menurun.

Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono menjelaskan, prevalensi stunting nasional saat ini sedang menunjukkan tren yang menurun.

Meski demikian, Indonesia punya target untuk mencapai angka stunting sebesar 14 persen pada 2024. "Guna mencapai target tersebut, rata-rata penurunan stunting harus mencapai sekira 2,7 persen per tahun," kata Wamenkes Dante belum lama ini.

Ia menambahkan, kondisi tersebut baru bisa terwujud apabila melakukan pendekatan secara komprehensif. Bukan hanya dari segi kesehatan namun pendekatan lintas departemen atau lembaga. Sebab masalah stunting ini menjadi sangat penting karena mencerminkan status kesehatan sebuah bangsa.

"Saat ini sudah terdeteksi sekira 50 persen provinsi yang prevalensi stuntingnya lebih dari 30 persen. Sementara prevalensi balita stunting menurut provinsi pada 2019 rata-ratanya adalah 27,7 persen yang harus kita turunkan sesuai target menjadi 14 persen pada 2024," lanjutnya.

Pemerintah juga akan fokus dan memikirkan strategi khusus penanganan balita stunting di Indonesia bagian timur. Pemerintah telah menetapkan 360 Kabupaten atau kota sebagai fokus intervensi stunting pada 2021 dan 514 kabupaten atau kota pada 2022.

VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menambahkan, kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu kita perlu investasi terhadap aspek kesehatan, termasuk mencegah stunting.

"Kami selalu berusaha mengajak masyarakat untuk melihat bagaimana penerapan gaya hidup sehat dapat dilakukan dalam lingkup individu hingga keluarga, dimulai dengan konsumsi gizi seimbang, pemenuhan hidrasi, pola hidup bersih dan sehat hingga beragam aksi untuk menjaga kesehatan bumi tempat kita tinggal karena dapat berpengaruh pada masa depan," papar Vera.

Pihaknya, lanjut Vera, terus memperkenalkan berbagai inisiatif terkait isu kesehatan seperti program integrasi Bersama Cegah Stunting yang berisi program intervensi untuk menanggulangi stunting yang bekerja sama dengan multipihak. Termasuk inisiatif untuk menjaga kesehatan masyarakat di tengah pandemi.

Baca juga: BKKBN Berkolaborasi Cegah 400.000 Anak Stunting Setiap Tahun


Ajakan untuk melakukan kepedulian dan aksi sekecil apa pun terhadap kesehatan sebagai bentuk investasi di masa depan penting dilakukan saat ini.

Sumber: okezone

Pemerintah Fokus Turunkan Angka Stunting

Pemerintah Fokus Turunkan Angka Stunting

Pemerintah Fokus Turunkan Angka Stunting

Pemerintah Fokus Turunkan Angka Stunting

Pemerintah Fokus Turunkan Angka Stunting

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya