0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pemerintah Gelontorkan Rp1,5 Triliun Untuk Sektor Perumahan

Rumah
Rumah - Thu, 02 Apr 2020 09:58
Dilihat: 37
Pemerintah Gelontorkan Rp1,5 Triliun Untuk Sektor Perumahan

- Kementerian PUPR mengeluarkan stimulus fiskal Rp1,5 triliun untuk progam subsidi selisih bunga (SSB) dan subsidi bantuan uang muka (SBUM). Stimulus ini diharapkan memudahkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mengakses rumah murah di tengah wabah virus Corona.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran untuk stimulus fiskal subsidi perumahan sebesar Rp1,5 triliun. Anggaran sebesar ini ditujukan untuk 175 ribu kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), guna untuk mendapatkan kemudahan akses pembiayaan perumahan terkait dampak ekonomi pandemi Coronavirus Disease 19 (Covid-19).

Menurut Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto, bentuk stimulus fiskal ini berupa pengalokasian dana untuk subsidi selisih bunga (SSB) dan subsidi bantuan uang muka (SBUM) untuk KPR. Tadinya dua program subsidi ini akan dihilangkan pada tahun ini dan lebih konsentrasi untuk program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) maupun Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

"Program SSB dan SBUM ini akan langsung operasional per tanggal 1 April 2020 ini. Penyalurannya seperti biasa melalui bank pelaksana yang bekerja sama dengan Kementerian PUPR dan sudah ada tiga, yaitu Bank BTN, Bank BNI, dan Bank BRI. Untuk bank lain masih sangat terbuka supaya kesempatannya lebih luas untuk masyarakat di seluruh pelosok daerah," ujarnya.

Masih bingung cara menghitung bunga KPR? temukan jawabannya di video berikut ini, yuk!

Dua program subsidi ini kembali dihadirkan karena melihat kinerja pada tahun sebelumnya, di mana program subsidi ini banyak memudahkan kalangan MBR. Pemerintah sendiri tidak berkeberatan dengan program subsidi yang manapun selama penyalurannya tepat sasaran kepada masyarakat penerima yang paling berhak.

Dengan adanya stimulus fiskal subsidi perumahan melalui program SSB dan SBUM pada tahun 2020 ini, pemerintah menargetkan bisa memberikan bantuan pembiayaan perumahan untuk 330 ribu unit rumah tangga MBR. Minat masyarakat yang mengakses KPR subsidi FLPP juga terus meningkat, hingga 30 Maret 2020 total debitur KPR FLPP sudah mencapai 12.375 unit.

"Untuk program SSB ini suku bunganya hanya lima persen dengan maksimal tenor 10 tahun. Untuk periode itu pemerintah akan membayarkan selisih bunganya kepada bank penyalur dan kalau sudah lewat 10 tahun akan dikenakan bunga normal. Dengan stimulus ini semoga kalangan MBR lebih dipermudah terutama pada masa sulit pandemi Coronavirus Disease 19 (Covid-19)," pungkasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar PropertidanPanduan Referensiseputar propertidari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Rumah

Pemerintah Gelontorkan Rp1,5 Triliun Untuk Sektor Perumahan

Pemerintah Gelontorkan Rp1,5 Triliun Untuk Sektor Perumahan

Pemerintah Gelontorkan Rp1,5 Triliun Untuk Sektor Perumahan

Pemerintah Gelontorkan Rp1,5 Triliun Untuk Sektor Perumahan

Pemerintah Gelontorkan Rp1,5 Triliun Untuk Sektor Perumahan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya