0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pemindahan Ibu Kota Baru, Korsel Tawarkan Kerja Sama

wartaekonomi
wartaekonomi - Wed, 27 Nov 2019 15:25
Dilihat: 39
Jakarta

Pemerintah Korea Selatan menawarkan kerja sama pemindahan ibu kota negara ke Kalimatan Timur kepada Presiden Joko Widodo. Tawaran tersebut diungkapkan Presiden Korsel Moon Jae-in dalam pertemuan bilateral kedua negara di Busan, Korsel, Senin (25/11/2019).

Presiden Joko Widodo menyambut positif tawaran kerja sama teknis pembangunan ibu kota baru itu. Rancangan ibu kota baru dimulai akhir 2020. "Saya harapkan kerja sama tersebut dapat mengembangkan ibu kota Indonesia baru yang smart, green, safe, inclusive, dan resilient," kata Presiden.

Baca Juga: RUU IKN Diharapkan Masuk Prolegnas Prioritas 2020

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bahkan mengatakan Indonesia baru saja menandatangani sejumlah perjanjian kerja sama bilateral dengan Korea Selatan yang disaksikan kedua pemimpin negara. Salah satu perjanjian kerja sama terkait persiapan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

"Ini juga tadi ditandatangani oleh Pak Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) dengan mitranya Korsel. Pada intinya, kerja sama tersebut mengatur beberapa bidang kerja sama antara lain pembangunan kota dalam perspektif kewilayahan," kata Retno di Busan, dikutip Tempo dari Antara, Selasa (26/11/2019).

Kesepakatan kerja sama yang ditandatangani kedua negara adalah negosiasi Comprehensive Economic Partnership (CEPA) antara Indonesia dengan Korea, kesepakatan bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan dinas, dan MoU mengenai technical cooperation on capital city relocation and development.

Retno merinci kerja sama persiapan perpindahan ibu kota ke Kaltim meliputi perencanaan dan perancangan kota, pembangunan di bidang pekerjaan umum dan perumahan. "Termasuk rekayasa konstruksi, teknologi, dan manajemen yang menyangkut jalan, jembatan, air bersih, air baku, bendungan, pengendalian banjir, air minum, sistem drainase, persampahan, air limbah domestik, perumahan, dan gedung," katanya.

Bentuk kerja sama yang dilakukan kedua negara antara lain "current" informasi, berbagi pengalaman, pengetahuan dan teknologi, penugasan tenaga ahli, peningkatan kapasitas, dan kerja sama-kerja sama teknis yang disepakati kedua negara.

Penulis: Lili Lestari

Editor: Puri Mei Setyaningrum


Foto: Antara

Sumber: wartaekonomi

Pemindahan Ibu Kota Baru, Korsel Tawarkan Kerja Sama

Pemindahan Ibu Kota Baru, Korsel Tawarkan Kerja Sama

Pemindahan Ibu Kota Baru, Korsel Tawarkan Kerja Sama

Pemindahan Ibu Kota Baru, Korsel Tawarkan Kerja Sama

Pemindahan Ibu Kota Baru, Korsel Tawarkan Kerja Sama

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya