0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pemprov DKI Sabet 2 Penghargaan Bhumandala Award 2020

okezone
okezone - Sun, 29 Nov 2020 16:02
Dilihat: 57
Pemprov DKI Sabet 2 Penghargaan Bhumandala Award 2020

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meraih dua penghargaan dalam Bhumandala Award tahun 2020, yaitu Bhumandala Kanaka (Medali Emas) dan Bhumandala Kencana (Geoportal Terbaik) kategori Provinsi dari Badan Informasi Geospasial (BIG) RI. Penghargaan ini diterima langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

"Kami menempatkan Penghargaan Bhumandala ini bukan semata-mata sebagai sebuah penghargaan untuk kita kejar saja, tetapi untuk kesempatan saling belajar dan prosesnya memberikan manfaat kepada kita," kata Gubernur Anies saat menerima penghargaan, dikutip dari Channel Youtube Badan Informasi Geospasial "Seremonial Bhumandala Award 2020", melalui keterangan tertulis yang diterima media, Minggu (20/11/2020).

Baca Juga: Ormas Siap Bela Anies Hadapi Preman Bayaran yang Demo dan Mencaci Maki

Lebih lanjut Gubernur Anies menyampaikan DKI Jakarta sebagai sebuah Provinsi ukurannya tidak besar, yakni berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 171 tahun 2007 tentang Penataan, Penetapan Batas dan Luas Wilayah Kelurahan di Provinsi DKI Jakarta disebutkan Luas DKI Jakarta sekitar 662,33 km dan berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, jumlah penduduk DKI Jakarta tahun 2019 mencapai 11.063.324 jiwa, jumlah ini sudah termasuk WNA sebanyak 4.380 jiwa.

Berarti, kepadatan penduduk DKI Jakarta saat ini telah mencapai 16.704 jiwa/km. Bandingkan dengan kepadatan penduduk Indonesia yang hanya 141 jiwa/km (hasil dari proyeksi penduduk tahun 2020 dibagi dengan luas daratan Indonesia). "Di tempat ini ada kepadatan, ada kompleksitas, ada masalah informasi tata ruang yang amat kompleks karena itu pada tanggal 17 Januari 2018, kami meluncurkan sebuah program namanya Jakarta Satu, prinsipnya adalah Satu Peta, Satu Data, Satu Kebijakan, yang mengintegrasikan sehingga semua pengambilan keputusan berdasarkan data," ujar Anies.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra, menyampaikan apresiasi kepada Simpul Jaringan Informasi Geospasial DKI Jakarta, Jakarta Satu, yang dikelola oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (DCKTRP) Provinsi DKI Jakarta atas prestasi pencapaian tertinggi dalam Bhumandala Award 2020.

"Saya sampaikan selamat kepada DCKTRP sebagai Leading Sector, dapat memotivasi, menginspirasi, memperkuat, dan meningkatkan semangat instansi lainnya dalam membangun elemen-elemen simpul jaringannya agar terus terbina secara berkelanjutan, aktif dan operasional," ujar Benni saat dihubungi melalui percakapan daring.

Baca Juga: APBD DKI 2021 Rp82,5 Triliun Prioritaskan Banjir dan Pemulihan Ekonomi Dampak Covid-19

Benni menambahkan, Simpul Jaringan Informasi Geospasial, Jakarta Satu telah terintegrasi dengan Sistem Perizinan/ Nonperizinan di DKI Jakarta, JakEVO dan telah mendukung beberapa kegiatan strategis dan pelayanan yang dilakukan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, khususnya dalam penyuluhan perizinan kepada pemohon terkait zonasi, apakah lokasi/lahan yang dimohonkan oleh pemohon perizinan/nonperizinan diperkenankan atau tidak diperkenankan untuk dilakukan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi.


"Sistem Jakarta Satu telah terintegrasi dengan JakEVO dalam memberikan informasi secara real time dan menyeluruh terhadap ketentuan dalam perizinan dan potensi investasi di Jakarta, sehingga mendukung kami dalam memberikan konsultasi dan asistensi kepada para pengusaha yang akan memulai usaha dan menanamkan modalnya di Jakarta agar kegiatan investasi yang dilakukan dapat terealisasi," jelas Benni.

Sumber: okezone

Pemprov DKI Sabet 2 Penghargaan Bhumandala Award 2020

Pemprov DKI Sabet 2 Penghargaan Bhumandala Award 2020

Pemprov DKI Sabet 2 Penghargaan Bhumandala Award 2020

Pemprov DKI Sabet 2 Penghargaan Bhumandala Award 2020

Pemprov DKI Sabet 2 Penghargaan Bhumandala Award 2020

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya