0
Thumbs Up
Thumbs Down

Penampakan Tol Rp12,91 Triliun yang Baru Diresmikan Jokowi

okezone
okezone - Tue, 20 Sep 2022 13:38
Dilihat: 41

BEKASI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua ruas jalan tol pada Kawasan Jabodetabek yaitu Cibitung-Cilincing (Jakarta Outer Ring Road/2) dan ruas Serpong-Balaraja Seksi 1A (JORR 3) di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, hari ini.

Kedua ruas tol lingkar luar tersebut melengkapi struktur jaringan jalan tol pada kawasan metrolitan Jabodetabek yang berfungsi untuk mendukung mobilitas barang dan jasa ke outlet utama di Tanjung Priok, serta mengurangi kemacetan.

Presiden Jokowi mengatakan, kehadiran Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,2 kilometer ini bisa mempercepat mobilitas barang yang berasal dari kawasan industri dan kawasan logistik yang tersebar di Karawang dan Bekasi menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara.

"Kecepatan inilah yang nanti akan mempermudah mobilitas barang dan jasa, serta memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan diekspor," kata Presiden Jokowi, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga: Tol Cibitung-Cilincing Diresmikan, Erick Thohir: Semoga Membawa Manfaat Ekonomi

Jalan Tol Cibitung-Cilincing memiliki panjang seluruhnya 34,8 km. Seksi 1 (Cibitung - Telaga Asih) sepanjang 2,7 km sudah beroperasi pada Juli 2021, Seksi 2 dan 3 (Telaga Asih - Tarumajaya) sepanjang 24,5 km, dan Seksi 4 (Tarumajaya - Cilincing) dalam tahap konstruksi 96% dengan target selesai Desember 2022.

"Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang kita resmikan ini adalah bagian dari JORR 2 dan kita harapkan JORR 2 ini akan rampung selesai 100% di akhir tahun 2023," kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan.

Baca Juga: Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Diresmikan, Kemacetan di Jakarta Berkurang?

Pembangunan jalan tol ini dikerjakan BUJT PT. Cibitung Tanjung Priok Port Tollways dengan kontraktor PT. Waskita Karya dan konsultan supervisi PT. Virama Karya SMEC Denka. Total nilai investasinya sekitar Rp12,91 triliun untuk keseluruhan 4 seksi.

Jalan tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 ini, nantinya juga dapat mempersingkat waktu tempuh khususnya dari wilayah Timur Jakarta dari Cibitung menuju Utara Jakarta di Tanjung Priok dari sekitar 1 jam lebih lewat Japek dan tol dalam kota, menjadi sekitar setengah jam.

Sumber: okezone

Penampakan Tol Rp12,91 Triliun yang Baru Diresmikan Jokowi

Penampakan Tol Rp12,91 Triliun yang Baru Diresmikan Jokowi

Penampakan Tol Rp12,91 Triliun yang Baru Diresmikan Jokowi

Penampakan Tol Rp12,91 Triliun yang Baru Diresmikan Jokowi

Penampakan Tol Rp12,91 Triliun yang Baru Diresmikan Jokowi

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya