0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pengamat: Pemilih Prabowo Selingkuh ke Anies Baswedan

Republika Online
Republika Online - Tue, 15 Jun 2021 00:07
Dilihat: 46
Pengamat: Pemilih Prabowo Selingkuh ke Anies Baswedan

JAKARTA -- Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengamati fenomena pemilih Prabowo Subianto. Menurutnya, pemilih Prabowo mengalami penggerusan karena berpotensi mendukung tokoh lain di Pilpres 2024.

Pendapat Pangi didasarkan pada analisanya soal hasil Pilpres 2019. Kala itu, para pemilih Prabowo dipastikan berseberangan dengan PDIP karena tengah bersaing.

Kini, Prabowo telah berada dalam pelukan penguasa melalui jabatan Menhan. Kondisi ini diduga membuat sebagian pemilihnya berpindah hati ke Anies Baswedan.

"Pemilih Prabowo 2019 kalau saya amati masih konsisten memilih di luar capres PDIP. Segmen pemilih Prabowo kan memilih tokoh anti tesis dari rezim Jokowi sekarang, misalnya pemilih Prabowo pada pemilu 2019 memilih Anies sangat dominan," kata Pangi kepada Republika, Senin (14/6).

Pangi menilai, fenomena sebagian pemilih Prabowo yang beralih mendukung Anies sebagai bentuk ketidakloyalan. Padahal sebagian besar pemilih Joko Widodo menjatuhkan pilihan pada Ganjar Pranowo yang terbilang masih satu partai. Perubahan pola pemilih ini akan menentukan nasib Prabowo di Pilpres 2024.

"Temuan survei kita juga menunjukkan pemilih Prabowo 2019, ada sebesar 31,4 persen memilih Anies. Sementara pemilih Jokowi 2019, ada sebesar 78,8 persen berlabuh memilih Ganjar," ujar Pangi.

Oleh karena itu, Pangi menganggap sebagian pemilih Prabowo tak loyal karena mengalihkan dukungan ke tokoh lain. Adapun sebagian besar pemilih Jokowi masih menjatuhkan pilihan ke sesama kader PDIP alias tak loncat jauh.

"Kalau kita lihat data, basis pemilih Jokowi sangat kuat, dan konsisten mereka memilih Ganjar kalau Jokowi tidak maju lagi. Jadi pemilih Jokowi lebih loyal ketimbang pemilih Prabowo," ucap Pangi.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, unggul dalam survei terbaru yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk 'Partai Politik dan Calon Presiden: Sikap Pemilih Pasca 2 Tahun Pemilu 2019'. Dalam simulasi semi terbuka dengan 42 nama, Prabowo unggul dengan 21,5 persen.

Survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1220. Margin of error survei di angka +- 3,05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pengambilan data di lapangan dilakukan pada 21-28 Mei 2021.


Berita Terkait
  • Pengamat: PDIP-Gerindra Berpotensi Pecah Kongsi
  • Politisi Gerindra: Duet Mega-Prabowo Nggak Mungkin
  • Pengamat: Duet Prabowo-Puan Hasilkan Nuansa Baru
Berita Lainnya
  • PBSI: Markis Kido Adalah Pahlawan
  • Pengamat: Pemilih Prabowo Selingkuh ke Anies Baswedan

Pengamat: Pemilih Prabowo Selingkuh ke Anies Baswedan

Pengamat: Pemilih Prabowo Selingkuh ke Anies Baswedan

Pengamat: Pemilih Prabowo Selingkuh ke Anies Baswedan

Pengamat: Pemilih Prabowo Selingkuh ke Anies Baswedan

Pengamat: Pemilih Prabowo Selingkuh ke Anies Baswedan

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya