0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pengguna Ponsel Samsung Diminta Waspada

Republika Online
Republika Online - Thu, 10 Oct 2019 13:44
Dilihat: 29
Pengguna Ponsel Samsung Diminta Waspada

NEW YORK -- Samsung mengonfirmasi bahwa terdapat kerentanan sistem keamanan pada sejumlah produknya. Hal itu diketahui setelah perusahaan asal Korea Selatan merilis pembaharuan perangkat lunak guna mengatasi kerentanan tersebut pada Rabu (9/10).

Adapun jenis produk samsung yang diketahui terdampak kerentanan sistem kemanan itu adalah Galaxy S8, S9, S10, S10e, S10 Plus, S10 5G, Note 9, Note 10 dan Note 10 Plus. Secara keseluruhan, terdapat 21 masalah keamanan yang akan diatasi oleh pembaharuan sistem perangkat lunak itu.

Laman forbes.com, pada Rabu (10/10), menulis bahwa pembaharuan sistem oparaso (OS) oleh Samsung juga disertai dengan pembaharuan dari Google. Sebab, sehari sebelumnya Google juga merilis pembaharuan perangkat lunak sistem operasi Android bagi pengguna ponsel Google.

Pembaharuan perangkat lunak ini diketahui akan berdampak sangat krusial bagi pengguna Galaxy S9 dan Note 9. Sebab, terdapat kerentanan sistem yang terbilang kritis atau disebut dengan SVE-2019-15435.

Jumlah pengguna dua jenis produk yang terdampak kerentanan sistem dengan level kritis itu tak tanggung-tanggung, yakni 40 juta orang. Sebanyak 30 juta pengguna Galaxy S9 dan 10 juta Galaxy Note 9.

Adapun SVE-2019-15435 tidak dijelaskan begitu rinci oleh pihak Samsung. Mereka hanya menyebut: "Peningkatan mekanisme keamanan IMEI diperlukan untuk meningkatkan perlindungan terhadap potensi manipulasi IMEI."

Sejumlah pihak menduga kerentanan itu adalah upaya mencegah adanya pihak yang bisa menghindari IMEI ponsel curian untuk tidak masuk daftar hitam. Sehingga para pencuri atau penadah tak bisa lagi bertransaksi karena semua IMEI sudah masuk daftar hitam.

Untuk itu, para pengguna samsung yang ponselnya mendapatkan pembaharuan sistem perangkat lunak ini agar segera menginstalnya. Meski tidak ada pembaharuan yang benar-benar sempurna, tapi dengan melakukan pembaharuan maka ponsel bisa meningkatkan sistem kemanan.

"Setelah kerentanan ini diungkapkan (Samsung), tidak butuh waktu lama bagi para penjahat untuk melakukan cracking dan hacking, dengan berbagai tujuan mereka. Anda tahu apa yang perlu Anda lakukan," tulis laporan tersebut.
---
Febryan. A

Berita Terkait
  • Menkominfo: Regulasi IMEI Tinggal Tunggu Tanda Tangan
  • Streaming Video Masih Mendominasi Pengguna Gawai
  • Akhirnya, macOS catalina Sudah Bisa Dicoba
Berita Lainnya
  • Daerah Harus Bantu Kota Bandung Uraikan Kemacetan
  • Pengamat Sebut Album Kamila Siap Tembus Pasar Internasional

Pengguna Ponsel Samsung Diminta Waspada

Pengguna Ponsel Samsung Diminta Waspada

Pengguna Ponsel Samsung Diminta Waspada

Pengguna Ponsel Samsung Diminta Waspada

Pengguna Ponsel Samsung Diminta Waspada

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya