0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pentingnya Menjauh Sejenak dari Media Sosial

Republika Online
Republika Online - Fri, 30 Oct 2020 21:42
Dilihat: 59
Pentingnya Menjauh Sejenak dari Media Sosial

JAKARTA -- Pernahkan Anda tertekan melihat berbagai unggahan di media sosial? Atau Anda perasaan cemas yang meningkat saat melihat media sosial? Ada baiknya menjauh sesaat dari teknologi itu termasuk di masa liburan panjang saat ini.

Psikolog klinis Nirmala Ika menyarankan Anda menggunakan waktu liburan untuk berkumpul kembali dengan keluarga sembari membuat kegiatan bersama yang menyenangkan.

"Selama ini kita mungkin sudah sering bertemu keluarga karena semua dikerjakan dari rumah, tetapi kan selama ini semua juga dengan kesibukannya masing-masing. Nah mumpung libur, enggak apa-apa kok sekali-kali tidak mencuci baju dulu, tidak belajar dulu, tidak memikirkan pekerjaan kantor dulu tetapi coba membuat kegiatan bersama yang menyenangkan," kata dia.

Menurut Nirmala, terlalu terpaku pada media sosial bisa meningkatkan kecemasan yang sudah Anda miliki. Melihat berita tidak menyenangkan atau informasi salah di media sosial bisa menjadi pemicunya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda bisa mengurangi kegiatan yang identik dengan generasi masa kini itu bisa Anda lakukan setiap hari.

"Ketika yang kita lihat adalah berita yang tidak menyenangkan, atau melihat keberhasilan hidup orang tanpa tahu kisah sebenarnya, lama-lama orang akan mudah menjadi gelisah dan merasakan perasaan-perasaan negatif lainnya," tutur dia.

Hal senada diungkapkan Profesor psikologi di Kent State University, Jacob Barkley yang mengatakan, rehat sejenak dari teknologi bisa membantu orang meringankan kecemasannya. Salah satunya karena mengurangi kewajiban terkait komunikasi yang konstan.

Terkadang, kegiatan semacam menanggapi pesan teks baru, email, dan pesan Facebook tanpa henti bisa membuat stres dan menjauh dari itu bahkan hanya untuk sehari saja bisa terasa luar biasa.

Barkley menyarankan Anda menyiapkan balasan email otomatis untuk memberi tahu orang-orang kalau Anda sedang dalam masa jeda, jadi Anda tidak perlu khawatir melewatkan pesan penting apa pun.

Di sisi lain, menjauh sejenak dari layar perangkat pintar Anda bisa menginspirasi Anda melakukan hal lain lebih banyak. Misalnya untuk sekedar berjalan sendirian atau melakukan olahraga.


Berita Terkait
  • Dorong Penjualan, Astra Life Optimalikan Media Sosial
  • Pelanggaran Pilkada ASN Kabupaten Bandung karena Sosmed
  • Upaya BWI Tingkatkan Literasi Wakaf
Berita Lainnya
  • Gugus Tugas: Ada tambahan 7 kasus Covid di Kabupaten Kudus
  • 8 Mitos Seputar Suplemen Kesehatan

Pentingnya Menjauh Sejenak dari Media Sosial

Pentingnya Menjauh Sejenak dari Media Sosial

Pentingnya Menjauh Sejenak dari Media Sosial

Pentingnya Menjauh Sejenak dari Media Sosial

Pentingnya Menjauh Sejenak dari Media Sosial

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
harian pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya