0
Thumbs Up
Thumbs Down

Penyebab Down-nya Sejumlah Situs Web Populer Pekan Ini

Republika Online
Republika Online - Thu, 10 Jun 2021 09:01
Dilihat: 97
Penyebab Down-nya Sejumlah Situs Web Populer Pekan Ini

JAKARTA -- Pada 8 Juni, beberapa situs web terbesar di internet secara bersamaan offline. Pembeli online tidak dapat mengakses Amazon dan berita terkini tidak dapat dipublikasikan di The New York Times, CNN atau The Verge. Reddit juga down.

Di balik down-nya beberapa situs web paling populer pekan ini, ternyata tidak konspirasi besar. Apa sebabnya?

Dilansir dari Mashable, Kamis (10/6), seorang pelanggan layanan CDN mengubah pengaturan jaringan mereka, mengaktifkan kesalahan yang menghapus petak besar World Wide Web (WWW).

Pada Selasa (8/6) malam, penyedia CDN Fastly menerbitkan sebuah posting di situs webnya yang menjelaskan masalah dengan layanannya yang menyebabkan situs web offline lebih awal pada hari itu. Menurut wakil presiden senior teknik dan infrastruktur Fastly, Nick Rockwell, pembaruan perangkat lunak dari bulan lalu tanpa sadar "memperkenalkan" bug ke platform.

Selasa (8/6) pagi dini hari ketika satu pelanggan -seperti yang dikatakan Gizmodo- mengkonfigurasi ulang koneksi internetnya, perubahan itu kemudian memicu efek domino yang menghapus beberapa situs terbesar di web.

"Seorang pelanggan mendorong perubahan konfigurasi yang valid yang mencakup keadaan spesifik yang memicu bug, yang menyebabkan 85 persen jaringan kami mengembalikan kesalahan," kata Rockwell.

Menurut Fastly, perusahaan mendeteksi pemadaman dalam satu menit dan segera bekerja untuk menyelesaikan masalah. Setelah mengetahui masalahnya, 95 persen situs web yang terpengaruh kembali online dengan waktu henti 49 menit, tulis Rockwell.

Banyak situs web dengan perdagangan tinggi favorit menggunakan penyedia CDN seperti Fastly atau Cloudflare. Ketika mereka bekerja, CDN, atau jaringan pengiriman konten, membantu meningkatkan kinerja situs web dan mengirimkan konten kepada pengguna lebih cepat dan lebih efisien.

Namun, ketika CDN tidak berfungsi, hal itu sangat terlihat karena mempengaruhi beberapa platform internet paling populer. Baru tahun lalu, misalnya, masalah Cloudflare menyebabkan layanan seperti Discord untuk sementara turun. Itu juga bukan yang pertama kali terjadi.

Fastly mengatakan sedang melakukan perbaikan bug dan menyelidiki lebih lanjut untuk memastikan masalah ini tidak terjadi lagi. Meskipun gangguan teknis dan kesalahan manusia akan selalu terjadi pada platform atau layanan apa pun, itu jelas bukan pertanda baik bahwa gangguan dan kesalahan-dari satu sumber- dapat menyebabkan masalah yang meluas seperti itu.


Berita Terkait
  • New York Times, Amazon, Hingga Reddit Sempat Down Satu Jam
Berita Lainnya
  • Penyebab Down-nya Sejumlah Situs Web Populer Pekan Ini
  • Sandi: Desa Wisata Denai Lama Berkembang denganKeunikannya

Penyebab Down-nya Sejumlah Situs Web Populer Pekan Ini

Penyebab Down-nya Sejumlah Situs Web Populer Pekan Ini

Penyebab Down-nya Sejumlah Situs Web Populer Pekan Ini

Penyebab Down-nya Sejumlah Situs Web Populer Pekan Ini

Penyebab Down-nya Sejumlah Situs Web Populer Pekan Ini

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya