0
Thumbs Up
Thumbs Down

Perdiknas Denpasar Peringati Hari Guru dan HUT PGRI

Nusabali
Nusabali - Thu, 26 Nov 2020 06:46
Dilihat: 51
Perdiknas Denpasar Peringati Hari Guru dan HUT PGRI
Setidaknya inilah yang dimaknai oleh para guru di lingkungan Perkumpulan Pendidikan Nasional (Perdiknas) Denpasar dalam merayakan Hari Guru Nasional Tahun 2020 dan HUT PGRI ke-75. Perayaan Hari Guru Nasional Tahun 2020 dan HUT PGRI ke-75 dilakukan dengan mengadakan upacara bendera secara sederhana, Rabu (25/11) di Lapangan Perdiknas Denpasar.

Hanya ada para guru di sekolah. Tidak ada siswa-siswi yang biasanya memberikan kado ataupun sekuntum bunga pada guru kesayangan. Meski peringatan Hari Guru Nasional tak semeriah tahun-tahun sebelumnya, namun upacara bendera kemarin tetap berlangsung khidmat.

Sekretaris Perdiknas Denpasar, Sri Maitri SE MM, yang menjadi pembina upacara kala itu mengatakan, guru dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang memiliki peran penting dalam memberikan pendidikan terbaik untuk anak sebagai generasi emas bangsa. "Saya berharap seluruh guru di Indonesia tetap semangat menunjukkan dedikasinya, serta kreatif walaupun dalam situasi pandemi," ujar Sri Maitri.

Saat ini dunia pendidikan di Indonesia sedang diuji oleh pandemi covid-19, dan guru mendapatkan tantangan besar untuk menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut. Diakui, pembelajaran daring masih menemui sejumlah kendala. "Para siswa juga sulit untuk berkonsultasi untuk mendapatkan pemahaman materi secara mendalam. Para orangtua juga mengeluh soal kuota dan banyaknya tugas yang dikerjakan anak," ungkapnya.

Sri Maitri berpandangan bahwa pembelajaran tatap muka tetap harus dilaksanakan. Namun tentu pelaksanaannya akan berbeda dengan sebelumnya, di mana harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. "Tentunya ada simulasi-simulasi terlebih dahulu untuk pembelajaran tatap muka. Menurut saya pembelajaran saat ini dikombinasikan saja (tatap muka dan daring) sehingga bisa meminimalkan penularanvirus covid-19," imbuh Sri Maitri.

Sementara itu, Kepala SMK Teknologi Nasional Denpasar, Ni Nyoman Sulasmini SPd mengatakan, guru saat ini dituntut untuk kreatif dan berinovasi dalam melakukan pembelajaran. "Guru sekarang dituntut bagaimana bisa membuat pembelajaran bisa tersampaikan dengan baik. Walaupun tidak dituntut ketuntasan belajar. Karena ada beberapa murid memiliki keterbatasan sarana, maka kami kombinasikan belajar dari dan luring selama pandemi ini," katanya.

Tidak jauh berbeda dengan SMP Nasional Denpasar. Wakasek Bidang Kurikulum SMP Nasional Denpasar, I Gede Sutrisna mengatakan, pembelajaran di SMP Nasional Denpasar juga mengombinasikan daring dan luring, karena sejumlah anak tidak memiliki sarana komunikasi. Selain itu, SMP Nasional juga menggunakan aplikasi E-CBT berbasis website sekolah untuk pembelajaran sehari-hari. *ind
Sumber: Nusabali

Perdiknas Denpasar Peringati Hari Guru dan HUT PGRI

Perdiknas Denpasar Peringati Hari Guru dan HUT PGRI

Perdiknas Denpasar Peringati Hari Guru dan HUT PGRI

Perdiknas Denpasar Peringati Hari Guru dan HUT PGRI

Perdiknas Denpasar Peringati Hari Guru dan HUT PGRI

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya