0
Thumbs Up
Thumbs Down

Peristiwa 23 Januari: Kudeta APRA di Kota Bandung

okezone
okezone - Sun, 23 Jan 2022 06:22
Dilihat: 63
Peristiwa 23 Januari: Kudeta APRA di Kota Bandung

JAKARTA - Berbagai peristiwa penting dan bersejarah pernah terjadi dari tahun ke tahun pada 23 Januari. Salah satunya adalah Peristiwa Kudeta Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) atau Kudeta 23 Januari yang terjadi pada 23 Januari 1950, di mana kelompok milisi APRA ingin menggulingkan pemerintahan Soekarno dan menduduki kota Bandung untuk sementara waktu.

Selain peristiwa Kudeta APRA, 23 januari juga mengingatkan akan peristiwa lahirnya Presiden Republik Indonesia (RI) ke-5, Megawati Soekarnoputri atau yang biasa disapa "Mbak Mega", pada 23 Januari 1947.

Berikut Okezone rangkum tiga peristiwa penting dan bersejarah yang pernah terjadi di Indonesia pada 23 Januari, sebagaimana dihimpun dari Wikipedia.org, Rabu, (23/1/2019).

1. Kudeta APRA Menduduki Kota Bandung

Pada November 1949, mantan Kapten KNIL, Raymond Westerling, telah mendirikan organisasi rahasia yang mempunyai pengikut sekitar 500.000 orang. Nama organisasi itu adalah Ratu Adil Persatuan Indonesia (RAPI) yang dimana memiliki tujuan untuk menggulingkan pemerintah Soekarno pada 1950.

RAPI memiliki satuan bersenjata yang dinamakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA), kebanyakan pengikutnya adalah mantan anggota KNIL, yang saat itu merupakan tentara Kerajaan Hindia Belanda atau yang sekarang dikenal dengan Indonesia.

Pada 23 Januari 1950, Westerling melancarkan aksi Kudetanya dengan masuk ke kota Bandung, Jawa Barat dan membunuh semua orang berseragam TNI yang mereka temui di jalan. 94 anggota TNI tewas dalam pembantaian tersebut, sedangkan di pihak APRA, tidak ada korban seorang pun.

Sementara Westerling memimpin penyerangan di Bandung, sejumlah anggota pasukan RST (pasukan khusus Belanda) dipimpin oleh Sersan Meijer menuju Jakarta dengan maksud untuk menangkap Presiden Soekarno dan menduduki gedung-gedung pemerintahan. Namun atas dukungan dari pasukan KNIL lain dan Tentara Islam Indonesia (TII), aksi serangan ke Jakarta tersebut berhasil digagalkan.


Atas Kudeta APRA tersebut, sementara waktu kota Bandung diduduki oleh Tentara APRA. Kini Kudeta APRA dikenal sebagai peristiwa Kudeta APRA atau Kudeta 23 Januari.

Sumber: okezone

Peristiwa 23 Januari: Kudeta APRA di Kota Bandung

Peristiwa 23 Januari: Kudeta APRA di Kota Bandung

Peristiwa 23 Januari: Kudeta APRA di Kota Bandung

Peristiwa 23 Januari: Kudeta APRA di Kota Bandung

Peristiwa 23 Januari: Kudeta APRA di Kota Bandung

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya