0
Thumbs Up
Thumbs Down

Peristiwa 27 Oktober : Kongres Pemuda II Dibuka

okezone
okezone - Tue, 27 Oct 2020 06:20
Dilihat: 53
Peristiwa 27 Oktober : Kongres Pemuda II Dibuka

JAKARTA - Sederatan peristiwa pernah terjadi pada 27 Oktober dari tahun ke tahun. Sejumlah peristiwa atau momen yang terjadi pada 27 Oktober tercatat menjadi bagian dari sejarah perjalanan bangsa Indonesia bahkan dunia.

Okezone merangkum beberapa peristiwa yang terjadi 27 Oktober, mulai dari Kongres Pemuda II sebagai cikal bakal sumpah pemuda dibuka di Jakarta hingga meledaknya pabrik kembang api di Tangerang. Berikut ulasan singkat Okezone terkait sejumlah peristiwa yang terjadi pada 27 Oktober :

1. Republik Sosialis Soviet Uzbekistan Dibentuk

Pada 27 Oktober 1924, Republik Sosialis Soviet (RSS) Uzbekistan dibentuk. RSS Uzbekistan merupakan satu dari 14 republik yang berdiri di Uni Soviet. Pada Desember 1991, Republik Uzbekistan resmi merdeka.

Awal mula terbentuknya RSS Uzbekistan yakni ketika perbatasan unit politik di Asia Tengah berubah. Garis etnis kebangsaan di Asia Tenggara waktu itu ditentukan oleh Komisaris Kebangsaan Vladimir Lenin dan Josef Stalin. Beberapa republik di daerah tersebut dihapuskan dan dibagi menjadi lima republik yang salah satunya yakni RSS Uzbekistan.

RSS Uzbekistan resmi dibentuk pada 27 Oktober 1924 dan pada tahun berikutnya RSS Uzbekistan menjadi salah satu republik di Uni Republik Sosialis Soviet (Uni Soviet) RSS Uzbekistan memasukkan RSS Tajikistan sampai1929, ketika RSSO Tajikistan diubah statusnya menjadi sama seperti RSS Uzbekistan. Pada 1930, ibu kota RSS Uzbekistan dipindahkan dari Samarkan ke Tashkent.

2. Kongres Pemuda II Dibuka di Jakarta

Kongres Pemuda II resmi dibuka di Jakarta. Kongres Pemuda II dihadiri berbagai organisasi pemuda seluruh Hindia Belanda (Indonesia). Kongres Pemuda merupakan cikal bakal terjadinya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Awalnya, Moehammad Yamin merumuskan sebuah Kongres Sumpah Pemuda lewat secarik kertas yang kemudian disodorkan kepada Soegondo. Rumusan tersebut disetujui Soegondo dan dibacakan olehnya dan dijelaskan oleh Yamin.

Rumusan tersebut lantas disepakati menjadi Sumpah Pemuda setelahnya. Sumpah Pemuda sendiri jadi salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

3. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Didirikan

Perusahaan Listrik Negara (PLN) resmi berdiri pada 27 Oktober 1945. Awalnya, perusahaan listrik ini dikuasai Jepang. Kemudian, setelah Presiden Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia, pemuda-pemuda Indonesia merebutnya pada September 1945.


Pemuda Indonesia menyerahkan perusahaan listrik tersebut ke pemerintah Republik Indonesia. Tepat pada 27 Oktober 1945, dibentuklah Jawatan Listrik dan Gas oleh Presiden Soekarno. Waktu itu, kapasitas tenaga listrik hanyalah sebesar 157,5 MW.

Sumber: okezone

Peristiwa 27 Oktober : Kongres Pemuda II Dibuka

Peristiwa 27 Oktober : Kongres Pemuda II Dibuka

Peristiwa 27 Oktober : Kongres Pemuda II Dibuka

Peristiwa 27 Oktober : Kongres Pemuda II Dibuka

Peristiwa 27 Oktober : Kongres Pemuda II Dibuka

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya