0
Thumbs Up
Thumbs Down

Peristiwa 28 September : Gempa & Tsunami Palu

okezone
okezone - Mon, 28 Sep 2020 06:11
Dilihat: 48
Peristiwa 28 September : Gempa & Tsunami Palu

JAKARTA - Bencana alam bisa kapan saja terjadi tanpa dapat diprediksi. Indonesia pernah mengalami sejumlah peristiwa bencana alam besar diluar prediksi. Salah satu bencana alam yang tak pernah terlupakan yakni, gempa bumi magnitudo 7,4 disusul tsunami yang memporak-porandakan sejumlah wilayah di Sulawesi pada 28 September 2018.

Tak hanya bencana alam di Sulawesi dua tahun lalu, sejumlah peristiwa bersejarah juga pernah terjadi pada 28 September di tahun-tahun yang lalu. Salah satunya yakni, tercetusnya Hari Kereta Api Indonesia, hingga lahirnya Luhut Binsar Panjaitan.

Berikut ulasan singkat peristiwa ataupun kelahiran tokoh yang pernah terjadi pada 28 September dari tahun ke tahun :

1. Bendera Thailand Diresmikan

Bendera Thailand berasal dari kata Thong Trairong yang bermakna, "bendera tiga warna". Bendera ini menunjukkan lima jalur yang mendatar dengan warna merah, putih, biru, putih dan merah, dengan ukuran jalur biru yang ada di tengah dua kali lebih besar dari jalur-jalur yang lain.

Warna merah-putih-biru secara berurutan melambangkan "negara-agama-raja", semboyan tidak resmi negara Thai. Bendera ini diresmikan pada 28 September 1917.

2. Hari Kereta Api Indonesia

28 September kerap diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia. Peringatan Hari Kereta Api Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 September mempunyai sejarah tersendiri.

Dimana, pada tanggal 28 September 1945 merupakan awal mula didirikannya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI), yang kini berubah nama menjadi PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Berdasarkan sejarahnya, setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, beberapa hari kemudian dilakukan pengambilalihan stasiun dan kantor pusat kereta api yang dikuasai Jepang.

Puncaknya, pengambil alihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung tanggal 28 September 1945. Hal ini sekaligus menandai berdirinya DKARI.

3. Hari Kelahiran Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan merupakan seorang Politikus Partai Golkar yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia. Ia lahir di Simargala, Huta Namora, Silaen, Toba Samosir, Sumatra Utara pada 28 September 1947.

Luhut dikenal dari latar belakang tentara dan pengusaha, sebelum pada akhirnya menceburkan diri ke dunia politik. Ia pernah memegang jabatan penting di pemerintahan, diantaranya, Menteri Perhubungan (ad-interim); Menko Polhukam; hingga Kepala Staf Kepresidenan Joko Widodo (Jokowi).

4. Grand Prix Sepeda Motor Indonesia 1997 Digelar di Sirkuit Sentul

Grand Prix Sepeda Motor Indonesia 1997 adalah seri ke-14 dari Grand Prix Sepeda Motor musim 1997. Grand Prix tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 September 1997 di Sirkuit Sentul.


Saat itu, beberapa pembalap dengan nama besar pun turun bertarung di Sirkuit Sentul, seperti Mick Doohan hingga Sete Gibernau

Sumber: okezone

Peristiwa 28 September : Gempa & Tsunami Palu

Peristiwa 28 September : Gempa & Tsunami Palu

Peristiwa 28 September : Gempa & Tsunami Palu

Peristiwa 28 September : Gempa & Tsunami Palu

Peristiwa 28 September : Gempa & Tsunami Palu

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya