0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pernah Tampil di Film James Bond, Teleskop Terbesar di Dunia Ambruk

okezone
okezone - Wed, 02 Dec 2020 18:37
Dilihat: 81
Pernah Tampil di Film James Bond, Teleskop Terbesar di Dunia Ambruk

PUERTO RICO - Salah satu teleskop terbesar di dunia, Teleskop Observatorium Arecibo di Puerto Riko ambruk setelah menghasilkan penemuan astronomi beberapa dekade.

Teleskop ini juga terkenal sebagai latar belakang film-film Hollywood. Seperti James Bond "GoldenEye" pada 1995, drama fiksi ilmiah "Contact" pada 1997, yang dibintangi Jodie Foster dan Matthew McConaughey.

Yayasan Sains Nasional Amerika Serikat (NSF) mengatakan platform instrumen teleskop seberat 900 ton ambruk ke piringan reflektor sekitar 137 meter ke bawah.

NSF mengatakan teleskop itu ambruk sekitar pukul 07:55 waktu setempat pada Selasa (1/12) dan mengakibatkan kerusakan pada piringan dan fasilitas sekitarnya. Tidak ada laporan korban luka setelah runtuh.

Insiden ini terjadi hanya beberapa minggu setelah para pejabat mengumumkan teleskop akan dibongkar di tengah kekhawatiran akan keamanan, menyusul kerusakan pada sistem pendukungnya.

Teleskop radio ini sudah digunakan sebagai sumber daya ilmiah utama bagi astronom radio selama 57 tahun. Teleskop terdiri dari piringan radio selebar 104 meter dengan platform instrumen tergantung setinggi 137 meter di atas. Platform digantung oleh kabel yang terhubung ke tiga menara.

(Baca juga: Selebgram Ditemukan Tewas di Jalanan)

NSF mengatakan penyelidikan ambruknya teleskop ini sedang berlangsung. "Penemuan awal menunjukkan bagian atas dari ketiga menara pendukung teleskop putus. Saat platform instrumen seberat 900 ton jatuh, kabel pendukung teleskop juga jatuh," katanya dalam sebuah pernyataan, dikutip BBC.

"Penilaian awal menunjukkan pusat pembelajaran observatorium mengalami kerusakan signifikan akibat kabel yang jatuh," tambahnya.

NSF mengatakan pihaknya sangat sedih dengan insiden ambruknya teleskop dan akan mencari cara untuk membantu komunitas ilmiah dan mempertahankan hubungan kuat dengan orang-orang Puerto Rico.

"Prioritas utama adalah menjaga keselamatan di lokasi, melakukan penilaian kerusakan lengkap secepat mungkin, dan mengambil tindakan untuk menahan dan mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh struktur atau materialnya," terang NSF.

"Sementara teleskop adalah bagian penting dari fasilitas itu, observatorium tersebut memiliki infrastruktur ilmiah dan pendidikan lainnya yang akan dikerjakan oleh NSF dengan para pemangku kepentingan untuk kembali online," jelas badan tersebut.

Sementara itu, Jonathan Friedman, yang bekerja selama 26 tahun sebagai rekan peneliti senior di observatorium dan tinggal di dekat area teleskop, menjelaskan apa yang didengarnya saat teleskop ambruk.

"Kedengarannya seperti gemuruh. Saya tahu persis apa itu. Aku berteriak. Secara pribadi, aku lepas kendali. Aku tidak punya kata-kata untuk mengungkapkannya. Perasaan yang sangat dalam dan mengerikan," terangnya kepada kantor berita Associated Press.

Sebelumnya, dua kabel yang putus sejak Agustus telah merusak struktur dan memaksa pejabat menutup observatorium.

Bulan lalu, pejabat setempat sempat meninjau teleskop itu dan mengatakan jika teleskop itu berisiko ambruk. Para pejabat mengatakan struktur itu akan dibongkar.

Menyusul pengumuman tersebut, tiga anggota Kongres, termasuk perwakilan Puerto Rico Jenniffer Gonzlez, meminta dana untuk memungkinkan NSF terus menjajaki opsi untuk menstabilkan struktur dengan aman.

Seperti diketahui, teleskop ini dibangun pada awal 1960-an, dengan tujuan mempelajari bagian atas atmosfer bumi yang terionisasi, yaitu ionosfer. Kemudian teleskop segera digunakan sebagai observatorium radio serba guna.

Astronomi radio ini mengamati objek di alam semesta dengan mempelajarinya pada frekuensi radio. Sejumlah fenomena kosmik seperti pulsar - magnet, bintang berputar - menunjukkan emisi pada panjang gelombang radio.


Teleskop ini membantu untuk membuat deteksi definitif pertama dari exoplanet, benda planet yang mengorbit bintang lain, pada 1992 silam. Teleskop ini juga pernah digunakan untuk mendengarkan sinyal dari kehidupan cerdas di tempat lain di kosmos dan untuk melacak asteroid dekat Bumi.

Sumber: okezone

Pernah Tampil di Film James Bond, Teleskop Terbesar di Dunia Ambruk

Pernah Tampil di Film James Bond, Teleskop Terbesar di Dunia Ambruk

Pernah Tampil di Film James Bond, Teleskop Terbesar di Dunia Ambruk

Pernah Tampil di Film James Bond, Teleskop Terbesar di Dunia Ambruk

Pernah Tampil di Film James Bond, Teleskop Terbesar di Dunia Ambruk

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya