0
Thumbs Up
Thumbs Down

Perubahan Iklim Bisa Memicu Krisis Pangan Dunia

okezone
okezone - Sun, 18 Aug 2019 08:33
Dilihat: 62

DALAM sebuah laporan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) yang dirilis pada Kasmi (8/8) menyatakan jika perubahan iklim dibiarkan tidak terkendali, kenaikan suhu, cuaca ekstrem dan penurunan lahan dapat memicu krisis pangan dunia.

Laporan dikerjakan oleh 100 ilmuwan dari seleuruh dunia itu meneliti bagaimana pertanian akan dipengaruhi oleh pemanasan global, serta bagaimana produksi pangan dan perubahan lain dalam penggunaan lahan diharapkan berkontribusi terhadap perubahan iklim di masa depan.

Laporan menyimpulkan bahwa jika suhu global rata-rata naik 2 derajat Celcius (C) risiko ketidakstabilan pasokan makanan diproyeksikan akan sangat tinggi.

Salah satu cara utama produksi pangan dapat dipengaruhi oleh peristiwa cuaca ekstrem. Penelitian telah menunjukkan bahwa perubahan iklim meningkatkan frekuensi dan cuaca ekstrem, menyebabkan hujan lebih dan badai atau menyebabkan gelombang panas ekstrem panjang, yang dapat mengganggu tanaman atau mengubah musim tanam.

Cynthia Rosenzweig, seorang ilmuwan peneliti senior di NASA Goddard Institute for Space Studies di New York City dan salah satu penulis utama laporan, mengatakan dunia bergantung pada perdagangan untuk mengakses makanan.

"Kami melihat ada saling keterkaitan yang tumbuh dalam sistem pangan kita," kata Rosenzweig mengutip NBC News. "Ada perdagangan di semua tempat, dan potensi kegagalan meningkat."

Pada bulan Juli, gelombang panas hebat yang melanda Eropa telah memperburuk kondisi kekeringan di Perancis, memengaruhi tanaman untuk dipanen, di mana Prancis satu produsen biji-bijian terbesar di Uni Eropa.

"Di masa lalu, cuaca buruk di satu daerah bisa digantikan karena cuaca lebih baik terjadi di daerah lain, tetapi beberapa penelitian kami menunjukkan saat suhu meningkat 2 derajat Celcius, kemungkinan produsen biji-bijian masalah di tempat yang sama," kata Rosamond Naylor, direktur Pusat Ketahanan Pangan dan Lingkungan di Universitas Stanford, yang tidak terlibat dengan laporan tersebut.

Naylor menyarankan bahwa pemanasan global dapat membuat hama berkembang biak lebih cepat dan dapat melemahkan kemampuan tanaman tertentu melawan penyakit.


"Ini mulai terlihat di daerah tropis, di mana hama bertahan sepanjang tahun dan mereka jauh lebih sulit untuk dikendalikan," katanya.

Sumber: okezone

Perubahan Iklim Bisa Memicu Krisis Pangan Dunia

Perubahan Iklim Bisa Memicu Krisis Pangan Dunia

Perubahan Iklim Bisa Memicu Krisis Pangan Dunia

Perubahan Iklim Bisa Memicu Krisis Pangan Dunia

Perubahan Iklim Bisa Memicu Krisis Pangan Dunia

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya