0
Thumbs Up
Thumbs Down

Perusahaan Startup Bandung Sulit Cari Developer Bertalenta

Republika Online
Republika Online - Sun, 08 Dec 2019 18:06
Dilihat: 161
Perusahaan Startup Bandung Sulit Cari Developer Bertalenta

BANDUNG -- Komunitas Google Developer Group (GDG) dan GDG Cloud Bandung mengungkapkan gaji developer startup berstatus lulusan baru yang besar, membuat perusahaan-perusahaan rintisan kesulitan mendapatkan talenta. Sebab, developer yang mumpuni banyak direkrut oleh unicorn besar.

"Untuk yang baru lulus (freshgraduate), Rp 15 juta sampai Rp 20 juta," ujar Community Leader GDG Bandung, Dimas Satrio di acara Developer Festival (Devfest) 2019 di Click Square Mall Naripan, Kota Bandung, Sabtu (7/12) hingga Ahad (8/12).

Dengan gaji developer sebesar itu, ia mengungkapkan perusahaan startup yang bisa membayar yaitu perusahaan besar. Satu sisi katanya, akibat kondisi tersebut perusahaan startup di Bandung mulai kesulitan mencari developer.

"Seringnya (developer startup) dibawa ke perusahaan di Jakarta. Persaingan gaji sangat tinggi," katanya. Melihat kondisi tersebut, ia yang tergabung di dalam komunitas Google Develepor menyelenggarakan Devfest 2019 untuk mempertemukan pelaku startup dan meningkatkan skill para develepor muda yang datang.

Harapannya, menurutnya developer muda hasil dari mengikuti Devfest 2019 bisa dimanfaatkan perusahaan startup yang baru berkembang. "Gagasannya acara ini dari Google, outpout-nya agar anak muda Bandung upgrade skill, makin bagus dan mempunyai relasi. Apalagi anak Bandung jago di teknologi," katanya.

Dimas menambahkan, selama ini perusahaan-perusahaan startup besar banyak menyasar Kota Bandung untuk menarik talenta-talenta berkualitas. Ia mengkhawatirkan apabila seluruh talenta dibawa ke luar daerah maka ekosistem teknologi di Kota Bandung tidak berkembang.

"Unicorn di Indonesia itu banyak cari talent di Kota Bandung, kita tidak ingin talent Kota Bandung pindah semua ke Jakarta atau ke kota besar lainnya. Tapi di Bandung tidak berkembang ekosistem industri," katanya.

Google Developer Expert untuk Google Technology, Ivan Kristianto mengatakan pihaknya menginisiasi pembentukan komunitas GDG. Dengan harapan talenta muda yang ada bisa meningkatkan kemampuan dan skill. Bahkan terlahir bakat-bakat baru.

Ia berharap dengan kegiatan Developer Festival 2019, para developer muda dan calon developer startup bisa memperoleh informasi terbaru tentang teknologi digital mendatang. Pihaknya pun mendorong peningkatan web platform.


"Google kan search engine, tentu semakin baik web konten dan web platform, tentu search engine semakin baik juga," katanya.

Berita Terkait
  • UBSI Karawang Siapkan Calon Programer
  • Mahasiswa UBSI Bogor Belajar Web Developer dari Pakar
  • Ekspor Karya Ilustrator Adobe Anda ke HTML5
Berita Lainnya
  • Klopp Sanjung Penampilan Pemain Pelapis Liverpool
  • Instagram Perketat Pendaftaran dengan Tanggal Lahir

Perusahaan Startup Bandung Sulit Cari Developer Bertalenta

Perusahaan Startup Bandung Sulit Cari Developer Bertalenta

Perusahaan Startup Bandung Sulit Cari Developer Bertalenta

Perusahaan Startup Bandung Sulit Cari Developer Bertalenta

Perusahaan Startup Bandung Sulit Cari Developer Bertalenta

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya