0
Thumbs Up
Thumbs Down

Polisi Gelar Rapid Test Massal Dekat Markas FPI, Warga Ketakutan

wartaekonomi
wartaekonomi - Mon, 23 Nov 2020 11:18
Dilihat: 35
Jakarta

Polda Metro Jaya menggelar rapid test massal di SDN 01 Petemburan, Jalan Petamburan IV, Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, dekat markas FPI, pada Minggu (22/11) sore. Namun, sebagian masyarakat disebut takut mengikuti kegiatan ini.

Proses rapid test dilakukan oleh belasan petugas medis. Tampak juga aparat kepolisian, prajurit TNI, dan petugas Satpol PP memantau kegiatan ini.

Berdasarkan pantauan Republika selama setengah jam, tampak hanya belasan orang masyarakat yang hadir. Padahal, polisi memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang mau ikut.

Baca Juga: Keliling Jakarta Naik Moge, Nikita Mirzani Mau Copotin Baliho Habib Rizieq

Nani, perempuan paruh baya yang ikut rapid test, mengaku memang sempat takut untuk ikut kegiatan rapid test massal ini. Sebab, dia mengira, tes yang dilakukan adalah swab test alias tes usap.

"Ternyata enggak tes yang dicolok hidung itu. Banyak yang lain enggak mau ikut karena takut dicolok itu. Makanya, nanti bakal saya sampaiin ke mereka buat mau datang," kata Nani.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Heru Novianto meminta Ketua RT setempat untuk mengajak masyarakat mengikuti kegiatan rapid test gratis ini. "Kita kasih semua sembako bagi yang sudah rapid. Sampaikan ke semua warga, ya pak," kata Heru kepada ketua RT setempat di lokasi rapid test massal.

Menurut Heru, ada kesalahpahaman di tengah masyarakat terkait tes massal yang dilakukan. Warga juga kurang memahami pentingnya kegiatan rapid test ini.

"Padahal dengan tahu positif, kita bisa tindak selanjutnya. Makanya, nanti akan kita coba kasih pemahaman ke mereka," kata Heru.

Ketua RT 04/RW 09, Kelurahan Petamburan, Hambali, mengatakan, dari 300 warganya, baru lima orang yang mengikuti kegiatan rapid test ini. Sebagian besar warganya mengaku takut.

"Sebagian kurang menerima karena pada takut. Mereka kan belum pernah merasakan rapid test," kata Hambali usai menjalani rapid test.

Hambali pun berencana untuk mengajak kembali warganya mengikuti kegiatan ini. Pasalnya, sebagian warganya menghadiri acara pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) yang menimbulkan kerumunan pada Sabtu pekan lalu.

Baca Juga: JK Blak-blakan Pangkal Polemik Habib Rizieq: Kekosongan Pemimpin

"Ada juga sih (yang ikut acara HRS). Tapi saya kurang tahu jumlahnya," kata Hambali.

Sebelumnya, pada Sabtu (14/11), HRS menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus pernikahan putrinya di markas FPI, Jalan Petamburan III. Ketika itu ribuan orang datang menghadiri kegiatan itu. Mereka berkerumun dan sebagian tak menggunakan masker.

Belakangan, diketahui terdapat tujuh orang yang positif Covid-19 dari klaster Petamburan ini. Salah satunya adalah Lurah Petamburan Setiyanto.

Penulis: Redaksi

Editor: Rosmayanti


Foto: Sufri Yuliardi

Sumber: wartaekonomi

Polisi Gelar Rapid Test Massal Dekat Markas FPI, Warga Ketakutan

Polisi Gelar Rapid Test Massal Dekat Markas FPI, Warga Ketakutan

Polisi Gelar Rapid Test Massal Dekat Markas FPI, Warga Ketakutan

Polisi Gelar Rapid Test Massal Dekat Markas FPI, Warga Ketakutan

Polisi Gelar Rapid Test Massal Dekat Markas FPI, Warga Ketakutan

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya