0
Thumbs Up
Thumbs Down

Polisi Tangkap Pembobol ATM Modus Ganjal Korek Api

Republika Online
Republika Online - Tue, 16 Jul 2019 02:00
Dilihat: 47
Polisi Tangkap Pembobol ATM Modus Ganjal Korek Api

KUDUS -- Aparat Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, menangkap dua pembobol ATM yang merupakan jaringan antar pulau. Komplotan itu membobol ATM dengan modus mengganjal lubang masuk kartu di mesin ATM dengan batang korek api.

Menurut Kapolres Kudus AKBP Saptono, kedua pelaku ditangkap setelah melakukan aksinya di ATM SPBU Kerawang. Dua pelaku yakni Untung Nurhasana asal Kota Jambi dan Andri Varianza asal Kabupaten Musi Rawas Utara.

Kedua pelaku tersebut memang menjadi incaran polisi setelah pada Mei 2019 ada laporan nasabah sebuah bank kehilangan uang di rekening tabungan. Uang tabungan yang hilang nilainya mencapai Rp 50 juta.

Selanjutnya, polisi menerjunkan tim untuk memburu pelaku pembobol tabungan nasabah melalui ATM tersebut. "Hari ini kedua pelaku kembali menjalankan aksinya di ATM SPBU Kerawang, Kecamatan Jekulo, Kudus," ujar Saptono saat merilis pengungkapan, Senin (15/7).

Modus kejahatan mereka adalah dengan mengganjal lubang masuk kartu ATM dengan batang korek api. Ketika ada salah satu nasabah yang hendak melakukan transaksi, kartu ATM tidak bisa diambil.

Kejadian tersebut juga menimpa korban bernama Setio Utomo. Ketika hendak bertransaksi di mesin ATM di SPBU Kerawang hari ini (15/7) pukul 10.00 WIB, ia tidak bisa menarik kembali kartu ATM-nya.

Dua pelaku yang berada di lokasi, kemudian secara bergantian menawarkan bantuan kepada korban. Namun kartu ATM korban tetap tidak bisa ditarik. Setio juga sempat memasukkan nomor PIN ATM yang secara diam-diam dilihat pelaku.

Setelah Setio meninggalkan ATM, kedua pelaku kemudian mengambil kartu ATM yang masih tersangkut di mesin. Kedua pelaku kemudian mengambil uang korban senilai Rp 10 juta yang ditransfer ke nomor rekening pelaku.

Kedua pelaku ditangkap saat berada di Pasar Bareng setelah melakukan aksinya. Dari kedua pelaku, polisi mengamankan 37 kartu ATM dari berbagai bank, cutter, tujuh bungkus korek api, pinset, dan mata gergaji besi.

Pelaku juga diminta menarik kembali uang senilai Rp 10 juta yang merupakan uang milik korbannya. Uang tersebut dijadikan barang bukti hasil kejahatan.

Andri Varianza di hadapan petugas mengakui melakukan aksinya sudah beberapa kali. Namun ada pula yang tidak membuahkan hasil karena di rekening korban tidak ada uang. "Baru kali ini saya mendapatkan hasil yang besar karena di rekening korban terdapat uang sebesar Rp 50 juta," ujarnya.

Sebelum menjalankan aksi di Kudus, dia mengaku dari Bandung kemudian menuju Kudus. Untuk mengetahui PIN korban, pelaku secara bergantian membujuk korban untuk mengetikkan nomor PIN ke mesin ATM.


Berdasarkan pengakuan sementara, mereka mempelajari modus pencurian dengan batang korek api itu dari Youtube. Kedua pelaku dikenakan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan yang ancaman hukumannya sembilan tahun penjara.

Berita Terkait
  • Polres Kudus Bentuk Tim Antibalap Liar di Bulan Puasa
  • Pelaku Perampokan ATM Bermodus Tusuk Gigi Diringkus
  • Pembobol Mesin ATM di Bekasi Diamuk Massa
Berita Lainnya
  • Anne Avantie tak Nilai Negatif Lansia Dititip di Panti Jompo
  • Setkab: Jateng dan Jatim Jadi Contoh Sinergi Pusat-Daerah

Polisi Tangkap Pembobol ATM Modus Ganjal Korek Api

Polisi Tangkap Pembobol ATM Modus Ganjal Korek Api

Polisi Tangkap Pembobol ATM Modus Ganjal Korek Api

Polisi Tangkap Pembobol ATM Modus Ganjal Korek Api

Polisi Tangkap Pembobol ATM Modus Ganjal Korek Api

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya