0
Thumbs Up
Thumbs Down

Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Munas Hipmi Ke-XVI

wartaekonomi
wartaekonomi - Thu, 12 Sep 2019 17:05
Dilihat: 25
Jakarta

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan membuka Musyawarah Nasional (Munas) Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda (BPP Hipmi) XVI 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Pukul 09.00 WIB, Senin (16/09/2019). Hal tersebut diutarakan Ketua Umum BPP HIPMI Bahlil Lahadalia pada Konferensi Pers di Jakarta, Kamis (12/09/2019).

"Insyaallah, Munas akan dibuka oleh Bapak Presiden Jokowi. Semoga lancar dan tak ada aral melintang. Ini sebuah kehormatan bagi segenap anggota HIPMI, sebab Munas terakhir dipenghujung kepengurusan ini kembali akan dibuka oleh Bapak Presiden," ucap Bahlil didampingi sejumlah Badan Pengurus, Panitia Pengarah Anggawira, dan Ketua Panitia Pelaksana Munas Umar Lessy.

Bahlil mengatakan, pembukaan nanti merupakan yang kedelapan kalinya Presiden Jokowi menghadiri agenda-agenda penting BPP Hipmi, termasuk menerima Hipmi di Istana Merdeka, Jakarta. Bahlil mengatakan, Munas kali ini sangat strategis mengingat kepengurusan Hipmi sejak 2015 akan segera berakhir.

"Sebab itu, agenda utama Munas ini menggelar pemilihan Ketua Umum BPP HIPMI periode berikut," imbuh Bahlil.

Baca Juga: Begini Caketum Hipmi Jawab Tantangan Revolusi Industri 4.0

Bahlil juga mengungkapkan, saat ini terdapat tiga kandidat calon Ketua Umum yakni Bagas Adhadirgha (Ketua Bidang Luar Negeri dan Pariwisata BPP Hipmi), Ajib Hamdani (Wakil Bendahara Umum BPP Hipmi), Mardani H Maming (mantan Bupati Tanah Bumbu dan Ketua APKASI). Para kandidat ini telah menjalani tahapan-tahapan penjaringan serta persyaratan lainnya sehingga layak untuk bertarung di Pemilihan Nasional Ketua Umum BPP HIPMI periode berikut.

Pengusaha Papua ini mengatakan, Munas Hipmi Ke-XVI merupakan amanat organisasi yang tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga Pasal 12 tentang Musyawarah Nasional. Terdapat tujuh agenda utama Munas yaitu: Pertama, mengubah dan menyempurnakan AD/ART. Kedua, menetapkan program umum organisasi. Ketiga, menilai dan menetapkan laporan pertanggungjawaban Badan Pengurus Pusat selama masa baktinya. Keempat, memilih dan menetapkan Ketua Umum/Formatur Badan Pengurus Pusat beserta Lembaga Kelengkapan Organisasi tingkat Nasional. Kelima, menyusun Anggaran Pendapatan dan Pengeluaran Organisasi untuk satu masa bakti. Keenam, mengembangkan organisasi, Terakhir, menetapkan keputusan-keputusan lain yang diperlukan.

Baca Juga: Pesan Latief untuk Calon Pengurus Hipmi, Pelatihan Kerja Sangat Diperlukan

1200 Peserta Munas

Sementara itu Ketua Panitia Pengarah Anggawira mengatakan, Munas akan digelar 15-18 September 2019 dengan tema Melanjutkan Peran HIPMI sebagai Lokomotif Pembangunan Ekonomi Berkeadilan. Rangkaian acara yang akan berlangsung selama empat hari dan diikuti oleh para peserta Munas, yaitu para utusan yang merupakan fungsionaris BPD maksimal 5 orang dan peninjau fungsionaris BPP, serta undangan dengan total sebanyak 1200 peserta.

Forum Ketua Umum merupakan agenda acara internal akan dilaksanakan pada hari pertama, disusul dengan sidang Pleno I dan Pleno II pada hari kedua. Selanjutnya, Pleno III dan Pleno IV akan dilaksanakan pada hari selanjutnya. Dalam Pleno IV ini akan ditentukan siapa yang akan memimpin HIPMI untuk tiga tahun kedepan dari 4 bakal calon Ketua Umum yang akan bersaing memaparkan visi dan misinya satu persatu.

Selain itu, ujar dia, Munas akan diisi berbagai kegiatan lainnya diantaranya Business Matching, Forum Dialog Ekonomi dan Bisnis untuk membedah dua topik yaitu pertama, membahas tentang Grand Tema Munas HIPMI ke-XVI "Melanjutkan Peran HIPMI sebagai Lokomotif Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan". Dalam kesempatan ini panitia akan menghadirkan sejumlah narasumber yakni Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (pengusaha sekaligus senior Hipmi), Erick Thohir, Ketua Kadin yang juga senior HIPMI, Rosan P. Roeslani; dan Anggota DPR-RI Maruarar Sirait.

Baca Juga: Pimpin Hipmi Butuh Kerja Sama Seluruh Anggota

Anggawira mengatakan, topik kedua akan dibahas yaitu "Peluang dan Tantangan Ekonomi di Era Revolusi Industri 4.0". Sejumlah narasumber akan dihadirkan Ketua Umum Hipmi Periode 2012-2015, Raja Sapta Oktohari, Ketua Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Ketua Umum Hipmi 2008-2011 Erwin Aksa, dan William Tanuwijaya selaku CEO Tokopedia.

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Kumairoh


Foto: Agus Aryanto

Sumber: wartaekonomi

Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Munas Hipmi Ke-XVI

Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Munas Hipmi Ke-XVI

Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Munas Hipmi Ke-XVI

Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Munas Hipmi Ke-XVI

Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Munas Hipmi Ke-XVI

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya