0
Thumbs Up
Thumbs Down

Presiden Jokowi Teken PP Tapera, Apa Keuntungan Peserta?

Rumah
Rumah - Wed, 03 Jun 2020 13:50
Dilihat: 83
Presiden Jokowi Teken PP Tapera, Apa Keuntungan Peserta?

- Presiden Jokowi meneken PP Tapera yang akan menjadi aturan teknis bagi setiap pekerja mendapatkan akses pembiayaan ke perumahan. Tapera akan dikelola oleh BP Tapera dengan dana pemupukan, investasi, hingga tabungan

Pemerintah terus mengupayakan berbagai skema pembiayaan untuk pemenuhan sektor perumahan bagi masyarakat. Selain alokasi anggaran langsung dari APBN untuk memberikan subsidi perumahan melalui berbagai skema, sudah sejak lama pemerintah mengeluarkan program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang telah ditetapkan dengan UU No. 4 Tahun 2016.

Tapera akan dikelola oleh Badan Pengelola (BP) Tapera yang juga sudah dibentuk sejak awal tahun lalu. Terakhir, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah meneken peraturan pemerintah (PP) sebagai aturan teknis Tapera dengan PP No. 25 Tahun 2020 yang diteken Jokowi per tanggal 20 Mei 2020.

Dengan terbitnya PP Tapera maka setiap pekerja dan perusahaan harus mengalokasikan gajinya dengan perincian 2,5 persen yang dipotong dari gaji pekerja dan 0,5 persen dari pemberi kerja (perusahaan) sehingga jumlah setorannya mencapai 3 persen dari gaji peserta. Untuk pekerja mandiri maka wajib menyediakan sendiri porsi 3 persen dari penghasilan setiap bulannnya. Porsi 3 persen ini sesuai aturan pasal 15 PP Tapera.

"Saat ini tengah disiapkan untuk memberikan penjelasan resmi terkait aturan teknis pemberlakuan PP Tapera ini. Nanti keterangannya akan disampaikan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan karena ini domaiannya di pemerintah," ujar Humas BP Tapera.

Beli rumah dengan cicilan KPR Ringan, bisa dan mudah kok. Simak video berikut ini untuk tau triknya!

Berdasarkan Pasal 7 PP Tapera, dana Tapera berasal dari pekerja yang gajinya dipotong meliputi pegawai negeri (ASN), anggota TNI-Polri, pejabat negara, pekerja BUMN, BUMD, BUMDes, termasuk pekerja swasta. Para pekerja ini bisa mendapatkan manfaat Tapera setelah menjadi anggota dan membayar iuran untuk periode satu tahun dengan pemberlakukan mulai awal tahun depan.

BP Tapera akan mengumpulkan dan memupuk iuran pekerja yang akan dikelola untuk terus meningkatkan aset Tapera. Untuk tahap awal, Tapera akan diberlakukan untuk ASN, TNI-Polri, karyawan BUMN, setelah itu baru pegawai swasta. Peserta bisa memanfaatkan dana Tapera untuk pembiayaan perumahan, pembangunan, maupun renovasi rumah.

Tapera juga berfungsi sebagai tabungan bagi pesertanya. Tidak mengambil manfaat untuk perumahan baik membeli, membangun, maupun renovasi maka akan menerima pemupukan dananya sebagai tabungan ditambah dengan imbal hasil pemupukannya.

PP Tapera juga menyebut, kepersertaan Tapera akan berakhir hingga masa pensiun atau setelah mencapai usia 58 tahun untuk pekerja mandiri. Kepersertaan juga langsung berkahir bagi peserta yang meninggal dunia dan tidak bisa memenuhi kriteria sebagai peserta selama lima tahun berturut-turut

Selanjutnya, dana yang terkumpul dari kalangan pekerja ini akan terbagi dalam alokasi dana pemupukan, dana pemanfaatan, dan dana cadangan yang alokasi maupun komposisinya ditetapkan oleh BP Tapera.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar PropertidanPanduan Referensiseputar propertidari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Rumah

Presiden Jokowi Teken PP Tapera, Apa Keuntungan Peserta?

Presiden Jokowi Teken PP Tapera, Apa Keuntungan Peserta?

Presiden Jokowi Teken PP Tapera, Apa Keuntungan Peserta?

Presiden Jokowi Teken PP Tapera, Apa Keuntungan Peserta?

Presiden Jokowi Teken PP Tapera, Apa Keuntungan Peserta?

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya