0
Thumbs Up
Thumbs Down

Presiden Jokowi Undang Kaisar Jepang ke Indonesia

okezone
okezone - Sun, 12 Jan 2020 11:39
Dilihat: 30
Presiden Jokowi Undang Kaisar Jepang ke Indonesia

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokow) akan mengundang Kaisar Jepang, Naruhito, ke Indonesia. Presiden menyampaikan undangan tersebut saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Jepang di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat 10 Januari 2020.

Juru Bicara Presiden, M Fadjroel Rachman menyatakan, bagi Jepang, kaisar adalah simbol negara yang mempersatukan seluruh rakyat. Walaupun tidak secara langsung mengelola kekuasaan politik pemerintahan, kaisar merupakan representasi kekuatan sosial karena menjadi pucuk tertinggi agama Shinto.

"Karena itu, Kaisar Jepang menjadi simbol juga dalam membangun hubungan antarnegara. Hal ini bisa dilihat pada hubungan negara Jepang dengan Cina dan Korea Selatan," kata Fadjroel dalam keterangan tertulis, Minggu (12/1/2020).

Ia menjelaskan, hubungan mereka berubah baik ketika Kaisar Akihito menciptakan kebijakan 'permohonan maaf' kepada Cina dan Korsel terkait Perang Dunia II. Sejak menjadi kaisar, Kaisar Akihito mendapat julukan atau gelar Kaisar Heisei yang bermakna 'era perdamaian'.

Sementara Naruhito yang menggantikan Akihito sejak 1 Mei 2019, dijuluki Kaisar Reiwa atau era keselarasan nan indah, juga akan menjadi simbol masyarakat Jepang dalam konteks hubungan-hubungan internasional.

"Presiden Joko Widodo pun memiliki konsep yang serupa, yaitu keselarasan seluruh komponen bangsa untuk mencapai Indonesia," kata Fadjroel.

Ia menjelaskan, undangan Presiden Jokowi kepada Kaisar Naruhito adalah proses penting bagaimana konsep politik Indonesia dan simbol Negara Jepang yang berlandaskan pada keselarasan bertemu. Bertemunya dua 'keselarasan' Indonesia dan Jepang memberi dampak konstruktif antara lain sebagai berikut:

1. Semakin erat kepercayaan antar kedua negara untuk bekerjasama pada banyak bidang strategis untuk kebaikan masyarakat.

2. Penguatan jaringan kerjasama diplomasi global berdasar konsep keselarasan, yaitu saling kerjasama dan peduli, yang dibutuhkan untuk menghadapi krisis global.

3. Terbentuk simbol kekariban lintas negara dengan agama berbeda yang hidup berdampingan secara damai.


Baca Juga : Terima Kunjungan Menlu Jepang, Jokowi Bahas Kerja Sama Ekonomi

Ia menambahkan, pada dasarnya Presiden Jokowi saat ini aktif membangun kerjasama internasional agar kondisi stabilitas politik yang baik dan segala potensi Indonesia mampu dioptimalkan dalam mencapai Indonesia Maju.



Baca Juga : Jokowi Ajak Jepang Berinvestasi di Natuna

Sumber: okezone

Presiden Jokowi Undang Kaisar Jepang ke Indonesia

Presiden Jokowi Undang Kaisar Jepang ke Indonesia

Presiden Jokowi Undang Kaisar Jepang ke Indonesia

Presiden Jokowi Undang Kaisar Jepang ke Indonesia

Presiden Jokowi Undang Kaisar Jepang ke Indonesia

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya