0
Thumbs Up
Thumbs Down

Prodi PBSI UMS Raih Ranking 2 Nasional

Republika Online
Republika Online - Thu, 04 Jun 2020 13:06
Dilihat: 33
Prodi PBSI UMS Raih Ranking 2 Nasional

SUKOHARJO -- Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil meraih peringkat II di Sinta Score nasional. Capaian prestasi itu didasarkan oleh kinerja luaran publikasi di Sinta dan jurnal internasional bereputasi Scopus maupun WoS. PBSI UMS menduduki ranking II nasional dari jumlah prodi PBSI sebanyak 261 di Indonesia.

Sekretaris Prodi PBSI, Laili Etika Rahmawati, mengatakan, Sinta (Science dan Technology Index) merupakan portal pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengukuran tersebut berasal dari pengindeks an dokumen keluaran hasil penelitian atau karya ilmiah, bisa berupa artikel maupun buku sebagai hasil kinerja ilmiah peneliti dan penulis.

"Fungsi dari Sinta yakni untuk memotret kinerja publikasi ilmiah, dan penilaian ini diverifikasi secara terus menerus. Bahkan setiap tahun ada laporan kemajuannya," ujarnya seperti tertulis dalam siaran pers, Kamis (4/6).

Laili menambahkan, penilaian ranking di Sinta tersebut tidaklah instan. Peringkat diambil dari 5 year score dan dalam kurun waktu lima tahun tersebut PBSI UMS mendapat ranking II dari 261 perguruan tinggi yang ada di Indonesia dengan angka 55 dan all years score menunjukkan angka 182. Data tersebut secara spesifik menunjukkan terkait dokumen scopus ada 30 dengan sitasi 77 dan dokumen google 3.337 dengan total sitasi 1.758.

"Pencapaian ini tentu tidak seketika, segala upaya dilakukan oleh Prodi PBSI FKIP UMS secara terus-menerus dan berkelanjutan. Semua elemen dilibatkan untuk hal ini," imbuhnya.

Dengan dasar pengelolaan prodi berbasis keluaran, lanjutnya, maka semua aktivitas yang strategis dilakukan dengan berorientasi pada keluaran. Selain keluaran hasil riset kompetitif yang dilakukan oleh dosen. Prodi PBSI FKIP UMS juga mendesain kegiatan pengembangan program studi untuk mencapai target tersebut.

Kegiatan tersebut di antaranya, program riset kolaborasi dosen dengan mahasiswa, pertemuan ilmiah rutin yang diselenggarakan setiap bulan, pengelolaan sistem skripsi berbasis keluaran, pengiriman dosen sebagai pemakalah dalam kegiatan ilmiah, dan pendampingan serta klinik penulisan artikel bereputasi.


Laili mengaku bangga atas prestasi yang telah diraih oleh Prodinya. Dia berharap ke depan bisa lebih baik lagi. "Target ke depannya, minimal kami bisa mempertahankan ranking tersebut sembari berikhtiar semoga bisa berada di posisi teratas yakni posisi pertama," harapnya.

Berita Terkait
  • UMS Jadi PTS Terbaik di Indonesia 2020 Versi Uni-Rank
  • UMS Bagikan Bingkisan Lebaran untuk Komunitas Pemulung
  • UMS Jadi PTS Pertama yang Kukuhkan Guru Besar secara Online
Berita Lainnya
  • MenPANRB: WFH ASN Diserahkan ke Kementerian/Lembaga
  • Pakai Jilbab, Gita Sinaga Mualaf? Ini Penjelasannya

Prodi PBSI UMS Raih Ranking 2 Nasional

Prodi PBSI UMS Raih Ranking 2 Nasional

Prodi PBSI UMS Raih Ranking 2 Nasional

Prodi PBSI UMS Raih Ranking 2 Nasional

Prodi PBSI UMS Raih Ranking 2 Nasional

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya