0
Thumbs Up
Thumbs Down

Produksi Listrik PLTS Bangli Meningkat

Nusabali
Nusabali - Wed, 16 Oct 2019 08:14
Dilihat: 30
Produksi Listrik PLTS Bangli MeningkatBANGLI,
Pasokan listrik dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Dusun Bangklet, Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli, beberapa bulan terakhir cenderung meningkat. Peningkatan pasokan listrik salah satunya karena cuaca. Pada musim kemarau, panel-panel dapat optimal menyerap cahaya matahari.

Direktur PLTS Bangli, Alit Putra mengatakan musim kemarau cukup berpengaruh pada pasokan listrik. Sejak beberapa bulan terakhir ada peningkatan produksi dengan estimasi 97 persen. "Per bulan September peningkatan 97 persen dari produksi listrik pada bulan Februari lalu. Jelas musim kemarau berkontribusi besar untuk peningkatan produksi," ungkapnya, Selasa (15/10). Dikatakan, peningkatan produksi tidak hanya karena musim panas saja, namun peningkatan juga didukung oleh panel yang dapat berfungsi optimal.

Panel dibersihkan hampir setiap hari sehingga tidak ada benda yang menghalangi dalam penyerapan cahaya matahari. Untuk dapat menyerap sinar matahari dengan optimal maka panel harus dijaga kebersihannya. Bahkan di areal bawah panel juga harus bersih, tidak ada tanaman yang dapat mengganggu proses penyerapan cahaya matahari. "Rumput-rumput di sekitarnya rutin dipangkas. Pembersihan panel dilakukan secara berkala," jelasnya.

Alit Putra menambahkan, saat ini juga dikembangkan perkebunan sayur hidroponik di dalam green house. "Kami juga mengimplementasikan konsep agrophotovoltaic dengan menggabungkan energi surya dan perkebunan sayur hidroponik. Ke depanya perkebunan, pertanian, peternakan, perikanan dapat dikombinasikan dengan ternologi energi terbarukan," tandasnya. Belum lama ini sudah dilakukan panen perdana sayuran yang dikembangkan di PLTS Bangli. Jenis sayuran dikembangkan yakni selada, sawi, dan pokcay. *esa
Sumber: Nusabali

Produksi Listrik PLTS Bangli Meningkat

Produksi Listrik PLTS Bangli Meningkat

Produksi Listrik PLTS Bangli Meningkat

Produksi Listrik PLTS Bangli Meningkat

Produksi Listrik PLTS Bangli Meningkat

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya