0
Thumbs Up
Thumbs Down

Rakercab BPC HIPMI Denpasar Konsolidasikan Kekuatan Internal

Nusabali
Nusabali - Sat, 03 Dec 2022 19:34
Dilihat: 82
Rakercab BPC HIPMI Denpasar Konsolidasikan Kekuatan InternalBertempat pada gedung yang terletak di Jalan Majapahit nomor 1 di Desa Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara tersebut, Ketua Umum BPC HIPMI Denpasar periode 2022-2025, dr I Putu Wirama menegaskan penerapan program Sad Guna untuk tiga tahun ke depan.

Program Sad Guna ini, kata dr Wirama, merupakan optimalisasi potensi enam kekuatan kolaboratif dalam membangun perekonomian pasca pandemi. Enam kekuatan tersebut terdiri dari Guna HIPMI Denpasar, Guna HIPMI Perguruan Tinggi, Guna Pemerintah, Guna Masyarakat, Guna Lingkungan, dan Guna Kebudayaan.

"Program kami selama tiga tahun ke depan itu adalah Sad Guna HIPMI Denpasar. Satu di antaranya adalah Guna HIPMI Denpasar. Kami ingin menguatkan dulu HIPMI Denpasar atau teman-teman pengusaha karena kita baru melewati proses pandemi," ujar dr Wirama, ketika dijumpai usai pembukaan Rakercab BPC HIPMI Denpasar.

Foto: dr I Putu Wirama SKed MARS, Ketua Umum BPC HIPMI Kota Denpasar. -NGURAH RATNADI

Setelah mengonsolidasikan kekuatan internal ini, baru kemudian BPC HIPMI Denpasar bakal merambah kekuatan kedua yakni tunas-tunas pengusaha muda yang tergabung dalam UKM Kewirausahaan di 14 perguruan tinggi di Kota Denpasar. Tunas-tunas muda tersebut saat ini sudah menjadi bagian dari anggota muda BPC HIPMI Denpasar.

Pada pembukaan Rakercab BPC HIPMI Denpasar ini, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara hadir dan menantang BPC HIMPI untuk mewujudkan target 5 persen pengusaha di Kota Denpasar. Kata Jaya Negara, negara tetangga sudah menyentuh angka di atas 5 persen sehingga Kota Denpasar tidak boleh tertinggal.

"Saya menginginkan di Kota Denpasar ini 5 persen (rasio pengusaha). Nah, ini nanti tugasnya BPC HIMPI untuk mewujudkan," kata Jaya Negara.

Merespons tantangan tersebut, dr Wirama menjelaskan bahwa untuk mencapai target rasio 5 persen pengusaha di Kota Denpasar sebagaimana arahan Walikota Jaya Negara tersebut, keberadaan anggota muda dari 14 perguruan tinggi ini menjadi strategi kunci. Saat ini, jumlah anggota muda ini mengisi sekitar 50 persen dari HIPMI Denpasar.

Selain konsolidasi internal melalui Rakercab, BPC HIPMI Denpasar juga memanifestasikan upaya tersebut ke dalam pembentukan Koperasi Dana Karya Sad Guna. Peresmian koperasi tersebut dilakukan langsung oleh Walikota Jaya Negara yang hadir pada pembukaan Rakercab.

"Output yang real dari Rakercab BPC HIPMI Denpasar hari ini adalah kami meresmikan koperasi. Koperasi ini akan menjadi indukan dari program kerja yang lain," terang dr Wirama.

Koperasi Dana Karya ini, lanjut dr Wirama, dipastikan menjadi support system bagi konsolidasi internal HIPMI Denpasar. Misalnya untuk program kunjungan kerja ke luar negeri, para anggota dapat menabung biaya kunjungan tersebut melalui koperasi.

Kemudian, mengingat anggota HIPMI Kota Denpasar saat ini lebih dari 300 orang di luar anggota muda, usaha-usaha dari masing-masing anggota tersebut akan disinergikan pula melalui keberadaan Koperasi Dana Karya. Dengan demikian, terdapat satu rel menuju kemajuan yang diisi oleh gerbong-gerbong para anggota.

"Resesi pada tahun 2023 ini akan terjadi. Oleh karena itu, kita di Bali harus fokus berkolaborasi dengan memanfaatkan enam elemen yang ada ini sehingga kita dapat melewati resesi dengan solid dan optimis," tandas dr Wirama. *rat
Sumber: Nusabali

Rakercab BPC HIPMI Denpasar Konsolidasikan Kekuatan Internal

Rakercab BPC HIPMI Denpasar Konsolidasikan Kekuatan Internal

Rakercab BPC HIPMI Denpasar Konsolidasikan Kekuatan Internal

Rakercab BPC HIPMI Denpasar Konsolidasikan Kekuatan Internal

Rakercab BPC HIPMI Denpasar Konsolidasikan Kekuatan Internal

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya