0
Thumbs Up
Thumbs Down

Reforma Agraria Yang Mencakup Legalitas, Koordinat, Hingga Bank Tanah

Rumah
Rumah - Wed, 23 Sep 2020 12:41
Dilihat: 35
Reforma Agraria Yang Mencakup Legalitas, Koordinat, Hingga Bank Tanah

- Program reforma agraria yang menjadi prioritas pemerintah mencakup banyak hal mulai penyertifikatan tanah, menentukan titik koordinat pertanahan yang tepat, hingga penyediaan bank tanah. Bila ini sukses akan mengurangi sengketa pertanahan hingga memudahkan investasi.

Pemerintah melalui Kementerian Agraria Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) menjadikan program reforma agraria sebagai salah satu program utama kementerian. Reforma agraria perlu dilakukan untuk menata pertanahan sehingga mencapai beberapa tujuan dan yang utama yaitu memberikan kepastian hukum dalam bidang pertanahan.

Menurut Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Abdul Djalil, kepastian hukum di bidang pertanahan sangat penting untuk segala aspek dan bukan hanya legalitas semata. Dengan adanya kepastian hukum di sektor pertanahan, artinya ada kepastian bagi investor dalam membuat keputusan.

"Kepastian ini sangat penting, kalau orang tidak yakin terhadap statuss tanah apakah tanahnya sudah clear, bersengketa, atau tumpang tindih, itu akan sangat mahal dan merugikan iklim investasi. Esensi dari program reforma agraria ini salah satunya untuk melakukan penataan pertanahan itu," ujarnya.

Karena itu dalam hal memberikan kepastian hukum dalam bidang pertanahan, Kementerian ATR/BPN terus mempercepat pendaftaran tanah di seluruh Indonesia. Targetnya pada tahun 2025 mendatang seluruh bidang tanah di wilayah hukum Indonesia telah terdaftar dan bersertifikat.

Bila seluruh bidang tanah sudah terdaftar dan bersertifikat dengan koordinat yang tepat, bagi yang berkepentingan akan bisa melihat letak tanahnya dengan lebih akurat. Termasuk berapa luasnya, titik koordinat, status lagalitas hukum, dan lainnya sehingga proses transaksi yang akan dilakukan bisa lebih mudah.

Sebelum membeli tanah, sebaiknya Anda cek dulu legalitas atau keabsahan tanah tersebut. Caranya? simak penjelasan di video berikut ini.

Proses pendaftaran terkait kepentingan pengembangan, bisnis, maupun pembangunan juga akan menjadi lebih mudah karena ada kejelasan dan kepastian dari status tanahnya. Hal ini juga akan memudahkan pekerjaan di kantor-kantor pertanahan sehingga bisa memangkas birokrasi yang panjang.

Sofyan juga menyampaikan tujuan lain dari penataan pertanahan yaitu menyelesaikan sengketa pertanahan yang masih sering terjadi. Saat ini sangat banyak sengketa tanah akibat dari berbagai faktor salah satunya yaitu karena koordinat yang tidak tepat hingga peran teknologi yang kurang mendukung.

Hal-hal seperti ini yang tengah ditata oleh Kementerian ATR/BPN sehingga dengan kombinasi antara penyertifikatan dan pendaftaran pertanahan, berbagai masalah sengketa pertanahan akan lebih mudah penyelesaiannya karena status tanah yang lebih jelas. Penertiban ini juga artinya sekaligus memerangi mafia pertanahan sehingga bisa lebih memberikan kepastian hukum.

"Jadi ada banyak agenda dan tujuan dari reforma agraria salah satunya yaitu untuk mengurangi ketimpangan penguasaan dan kepemilikan tanah. Kami siasati hal ini dengan redistribusi tanah tapi pelaksanaannya masih kurang efektif. Karena itu di RUU Cipta Kerja kami perkenalkan bank tanah sehingga tanah-tanah yang tak bertuan, tanah yang habis masa berlaku, itu dimasukkan ke dalam bank tanah dan sediktinya 25 persen diberikan untuk membangun rumah rakyat, untuk pertanian, dan sebagainya," beber Sofyan.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar PropertidanPanduan Referensiseputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Rumah

Reforma Agraria Yang Mencakup Legalitas, Koordinat, Hingga Bank Tanah

Reforma Agraria Yang Mencakup Legalitas, Koordinat, Hingga Bank Tanah

Reforma Agraria Yang Mencakup Legalitas, Koordinat, Hingga Bank Tanah

Reforma Agraria Yang Mencakup Legalitas, Koordinat, Hingga Bank Tanah

Reforma Agraria Yang Mencakup Legalitas, Koordinat, Hingga Bank Tanah

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya