0
Thumbs Up
Thumbs Down

Regulasi Properti Tanah Air Diharapkan Bisa Tiru Australia

Rumah
Rumah - Mon, 15 Jul 2019 10:34
Dilihat: 56
Regulasi Properti Tanah Air Diharapkan Bisa Tiru Australia

- Kepercayaan konsumen terhadap pasar properti Australia telah menunjukkan lonjakan dan aktivitas pembelian.

Kondisi tersebut merupakan imbas dari dorongan Australian Prudential Regulation Authority (APRA),yang melonggarkan pembatasan pinjaman untuk pembeli rumah serta hal yang terbaru adalah penurunan suku bunga.

Survei yang dilakukan oleh ANZ/Dewan Properti Australia untuk periode hingga September 2019 menunjukkan bahwa indeks kepercayaan industri meningkat sebesar 13 poin.

Head of Australian Economics ANZ, David Plank mengatakan, telah muncul tanda-tanda stabilitas di pasar properti residensial selama 3 bulan terakhir. Indikasinya adalah perubahan suku bunga hingga dihapusnya ketidakpastian dari dampak kemungkinan perubahan kebijakan pajak yang telah mendorong sentimen positif terhadap industri.

Sementara itu, menurut data terbaru CoreLogic, nilai hunian di kota Sydney dan Melbourne mencatat sedikit kenaikan masing-masing sebesar 0,1% dan 0,2% pada Juni.

Kepala Penelitian CoreLogic, Cameron Kusher mengatakan, Sydney dan Melbourne tampaknya merespon dengan sangat baik hasil pemilu pada Mei dan kebijakan penurunan suku bunga.

Baca juga:Rumah.com Property Indexuntuk mencari tahu tren kenaikan hargaproperti per kuartal di berbagai lokasi favorit

"Selain itu, kami pikir hal ini dimungkinkan karena mereka masih memiliki tingkat pengangguran yang rendah, pertumbuhan pekerjaan yang baik, dan ekonomi yang kuat, adalah beberapa hal yang tidak dimiliiki oleh kota lainnya," jelasnya.

Menanggapi situasi tersebut, Konsultan Properti Senior Crown Indonesia, Reiza Arief mengatakan, bahwa ini adalah tanda-tanda positifbahwa pasar akan kembali kuat pada 2020.

Pasar properti Australia, secara historis mengalami koreksi setiap 5 atau 6 tahun,namun dengan fundamental ekonomi yang kuat dan pertumbuhan populasi yang sehat, secara statistik meningkat dari tahun ke tahun.

Sayangnya, kepercayaan yang sama belum ditunjukkan oleh pasar Indonesia dengan rencana penurunan suku bunga yang belum teralisasikan oleh Bank Indonesia. Namun, harapan pasar atas pemangkasan tetap ada pada kemungkinan sebelum kuartal akhir tahun ini.

Pasar apartemen Jakarta selama triwulan kedua tahun ini tidak banyak berubah dibandingkan dengan triwulan pertama. Riset Colliers International Indonesia masih mencerminkan sikap wait and see oleh investor dan end user.

KunjungieventDealJuara, Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia yang digelar Rumah.commulai 7 Juli sampai 30 September 2019, dengan beragam penawaran menarik mulai daridiskon rumahsampai Rp480 juta, hingga tukar rumah lama dengan rumah baru!

Associate Director Colliers International Indonesia, Ferry Salanto menjelaskan, persoalannya bukan karena pasar Jakarta terkait dengan banyak atau tidaknya jumlah pasokan, tetapi bagaimana tingkat penjualannya.

Ia mengungkapkan, dari sisi pasokan baru komposisinya masih tergolong kecil bila dibandingkan dengan jumlah pendudukIbukota.

Faktanya, pasokan baru sebesar 1.972 unit yang masuk membuat total pasokan apartemen mencapai 205.822 unit, juga dibarengi dengan tingkat penyerapan sebesar 87% yang hampir sama dengan kuartal I/2019.

Harga apartemen juga berada di kisaran Rp34,2 juta per meter persegi atau naik 1% dibandingkan kuartal sebelumnya. Kondisi yang hampir serupa diprediksi juga akan terjadi hingga akhir tahun ini. Harga apartemen tidak banyak beranjak ke level Rp35 juta per meter persegi pada akhir 2019.

Tingkat penyerapan yang lebih baik diharapkan terjadi selama periode 2020-2023 dengan proyeksi 87-89%.

Kondisi itu tidak lepas dari stabilitas pemerintahan dalam negeri yang pada akhirnya telah memberikan kepastian terkait dengan perangkat kerja kementerian. Kepastian pemerintahan ini yang diharapkan bisa turut menggerakkan harga dan permintaan.


Temukan beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti diPanduan Rumah.com

Sumber: Rumah

Regulasi Properti Tanah Air Diharapkan Bisa Tiru Australia

Regulasi Properti Tanah Air Diharapkan Bisa Tiru Australia

Regulasi Properti Tanah Air Diharapkan Bisa Tiru Australia

Regulasi Properti Tanah Air Diharapkan Bisa Tiru Australia

Regulasi Properti Tanah Air Diharapkan Bisa Tiru Australia

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya