0
Thumbs Up
Thumbs Down

Rektor Unhan Ungkap Kehebatan TNI Memberantas Terorisme, Tiga Menit Beres

JPNN
JPNN - Tue, 22 Sep 2020 19:56
Dilihat: 40
Rektor Unhan Ungkap Kehebatan TNI Memberantas Terorisme, Tiga Menit BeresJPNN.com, JAKARTA - Rektor Universitas Pertahanan Laksamana Madya Amarulla Octavian mengatakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki banyak cerita sukses dalam misi antiterorisme. Menurut dia, misi itu merupakan fakta sejarah bahwa peran militer sangat penting dalam penanganan terorisme.

Berdasarkan sejarah internasional yang saat ini diterapkan di sejumlah negara maju, militer bahkan dilibatkan penuh dan mampu bersinergi dengan lembaga keamanan nasional setempat. Dan menurutnya, mekanisme militer tersebut dalam penanganan terorisme sangat ideal diterapkan.

Amarulla menyebut negara-negara maju seperti Amerika Serikat memiliki kekuatan militer dalam menghadapi terorisme. Di antaranya ialah US Navy Seal dan US Delta Force. Setiap badan militer baik US Navy dan US Delta Force punya aturan main dan Undang-undang tersendiri. Namun, mereka berkomitmen bagaimana untuk bekerja sama.

"Jadi di Amerika Serikat itu sebenarnya pasukan antiterornya itu lebih dari enam, tetapi demikian, mereka tidak melihat tumpang tindih kewenangan itu sebagai hal yang negatif. Tumpang tindih kewenangan dilihat positif bagaimana mereka bisa bekerja sama satu dengan yang lainnya, dengan kepolisian, FBI, CIA dan sebagainya," kata Amarulla dalam diskusi webinar yang digelar Ikatan Alumni Unhan dengan tema Operasi Militer Selain Perang TNI: Kontra-Terorisme Dalam Perspektif Keamanan Nasional, Selasa (22/9).

Di Prancis, lanjut Amarulla, penanganan antiterorisme ditangani oleh angkatan bersenjata Commandement des Operations Speciales. Sementara Inggris memiliki SAS British Army, di Rusia yaitu Spetsnaz, di Jerman ada Grenzschutzgruppe-9, dan di Korea Selatan yaitu Special Forces Brigades.

"Ini adalah contoh-contoh pasukan di dunia yang mereka sangat terintegrasi dengan sistem keamanan nasional negara masing-masing," jelas dia.

Sedangkan di Indonesia, lanjut Amarulla, terdapat satuan antiteror seperti Satgultor Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL, Den Bravo Korpaskhas TNI AU, Densus 88 Polri, lalu Koopsus TNI.

Jadi Rektor Unhan menegaskan kesan adanya tumbang tindih kewenangan terkait penanganan terorisme harus dilihat dari perspektif positif.

"Di Selandia Baru tidak ada aturan yang rinci tapi berhasil karena komitmen antaraparatnya tinggi. Jadi mudah berkoordinasi dan bergerak bersama. Kita harus belajar dari pemberantasan terorisme di Selandia Baru. Yang penting TNI dan Polri bergerak bersama. Jangan kita membelenggu diri sendiri dari aturan yang ada," kata Amarulla.

Bahkan dia mengusulkan perlu dipertimbangkan untuk mengamandemen undang-undang yang di dalamnya menyebutkan TNI bergerak bila Polri sudah tidak mampu. Menurut Amarulla hal ini kurang pas bahkan bisa tidak mengenakkan bagi institusi Polri karena sejatinya TNI, Polri bersama rakyat bekerja sama menghadapi terorisme.

Rektor Unhan memaparkan contoh sukses TNI dalam penanganan antiterorisme, yakni pembebasan sandera di maskapai Garuda di Bandara Don Muang, Thailand pada 1981.

Read More...

Sumber: JPNN

Rektor Unhan Ungkap Kehebatan TNI Memberantas Terorisme, Tiga Menit Beres

Rektor Unhan Ungkap Kehebatan TNI Memberantas Terorisme, Tiga Menit Beres

Rektor Unhan Ungkap Kehebatan TNI Memberantas Terorisme, Tiga Menit Beres

Rektor Unhan Ungkap Kehebatan TNI Memberantas Terorisme, Tiga Menit Beres

Rektor Unhan Ungkap Kehebatan TNI Memberantas Terorisme, Tiga Menit Beres

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya