0
Thumbs Up
Thumbs Down

Riset Baru Buktikan Pentingnya Masker untuk Cegah Covid-19

Republika Online
Republika Online - Sat, 28 Nov 2020 19:36
Dilihat: 63
Riset Baru Buktikan Pentingnya Masker untuk Cegah Covid-19

JAKARTA -- Masker menjadi alat paling sederhana dalam membantu memberi perlindungan terhadap diri sendiri dan orang lain selama pandemi virus corona jenis baru (COVID-19) terjadi. Meski demikian, tak sedikit orang yang meragukan pentingnya penggunaan masker selama pandemi.

Seperti di Amerika Serikat (AS), terdapat gerakan anti-masker yang dipicu oleh politik, bukan sains. Mereka terus yakin bahwa alat ini tidak akan membantu menghentikan penyebaran virus.

Beberapa orang bahkan mengklaim bahwa masker akan mencegah oksigen mencapai tubuh. Apa yang terburuk dari semuanya, beberapa menyamakan masker dengan hal yang bersifat penindasan dan menemukan berbagai alasan untuk menghindari penggunaan masker di tempat umum.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan Mayo Clinic menyimpulkan bahwa masker memiliki peran penting dalam mencegah penularan COVID-19. Tim peneliti menjalankan serangkaian eksperimen yang melibatkan boneka untuk mensimulasikan penyebaran partikel dengan dan tanpa masker.

Para peneliti ingin mengukur seberapa efektif masker dalam memblokir aerosol dan tetesan yang dihasilkan manusia. Mereka menggunakan manekin untuk mensimulasikan bagaimana orang yang terinfeksi akan menyebarkan tetesan air saat memakai segala jenis penutup wajah, dari masker medis hingga penutup kain.

Dari sana, para peneliti melihat bagaimana manekin akan menyebarkan aliran partikel yang sama tanpa masker pelindung. Mereka juga melihat aturan jarak sosial memiliki peran yang tak kalah penting.

Penelitian menemukan bahwa semakin jauh jarak orang satu sama lain, maka semakin rendah risiko infeksi, terutama bila dikombinasikan dengan penggunaan masker. Matthew Callstrom, ketua departemen radiologi mengatakan studi menemukan ukuran paling penting untuk mengurangi risiko paparan COVID-19 adalah dengan memakai masker

"Kami menemukan bahwa masker medis sekali pakai dan masker kain dua lapis efektif dalam mengurangi transmisi tetesan. Kami tidak menemukan perbedaan antara jenis masker dalam hal seberapa baik masker memblokir partikel aerosol yang dipancarkan oleh pemakainya," ujar Callstrom, dilansir BGR, Sabtu (28/11).

Callstrom mengatakan mekanisme penularan COVID-19 yang paling umum adalah melalui tetesan pernapasan yang lebih besar dari aerosol dan lebih mudah tersumbat dengan masker. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa virus menyebar terutama melalui droplet. Kedua lembaga tersebut mengakui bahwa penularan aerosol adalah sebuah risiko.

Para peneliti merilis gambar yang membandingkan ukuran virus SARS-CoV-2 terhadap partikel 2-mikron. Ukuran ini mewakili ukuran partikel aerosol yang dapat mengandung virus corona. Studi ini juga mengukur perjalanan partikel aerosol dari sumber ke target pada jarak yang berbeda.

Para peneliti menemukan bahwa jumlah partikel berkurang dengan jarak yang lebih jauh. Temuan ini mendukung panduan CDC tentang jarak sosial yang merekomendasikan jarak enam kaki antara orang-orang.

Grafik yang dirilis menunjukkan risiko eksposur berdasarkan pemakaian masker dan jarak. Para peneliti menemukan bahwa masker membantu bahkan jika kedua subjek lebih dekat dari jarak enam kaki.


Callstrom kembali menegaskan bahwa secara objektif penelitian yang dilakukan oleh tim dari Mayo Clinic menunjukkan masker sangat penting untuk melindungi satu sama lain. Jika Anda memakai masker, Anda melindungi orang lain, demikian sebaliknya.

Berita Terkait
  • Kuba Mulai Uji Klinis Dua Vaksin Covid-19
  • 14 Aturan Protokol untuk Selenggarakan Resepsi di Jakarta
  • Paru Pasien Covid-19 dengan Gejala Parah Pulih dalam 3 Bulan
Berita Lainnya
  • Riset Baru Buktikan Pentingnya Masker untuk Cegah Covid-19
  • Sosok Fakhrizadeh, Ilmuwan Nuklir Iran yang Tewas Dibunuh

Riset Baru Buktikan Pentingnya Masker untuk Cegah Covid-19

Riset Baru Buktikan Pentingnya Masker untuk Cegah Covid-19

Riset Baru Buktikan Pentingnya Masker untuk Cegah Covid-19

Riset Baru Buktikan Pentingnya Masker untuk Cegah Covid-19

Riset Baru Buktikan Pentingnya Masker untuk Cegah Covid-19

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya