0
Thumbs Up
Thumbs Down

RSPI Pastikan Pasiennya Negatif Corona

Republika Online
Republika Online - Sat, 25 Jan 2020 16:13
Dilihat: 28
RSPI Pastikan Pasiennya Negatif Corona

JAKARTA -- Manajemen Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara, menyatakan pasiennya negatif atau tidak terjangkit virus corona. Hal itu diketahui setelah dilakukan uji laboratorium.

Pasien RSPI itu sebelumnya diduga terjangkit lantaran mengalami tanda-tanda mirip dengan seseorang yang terjangkit virus Corona, yakni demam, batuk, dan sesak napas. Terlebih pasien yang merupakan WNI itu sebelumnya sempat melakukan perjalanan ke Cina, tempat virus itu berasal.

Pihak manajemen pun menyampaikan keterangannya lewat surat klarifikasi media yang dikeluarkan oleh Direktur Medik dan Keperawatan RSPI Sulianti Saroso, dr Dyani Kusumowardhani, SpA. Surat itu menyatakan bahwa pasien tersebut tidak terjangkit nCov (novel coronavirus). Hasil pemeriksaan PCR menunjukkan negatif corona virus.

Meski demikian, surat klarifikasi tersebut tidak menyebutkan sakit apa yang sebenarnya dialami pasien. Republika telah meminta tanggapan langsung manajemen RSPI, tapi sampai berita ini diturunkan belum ada satu pun yang merespons. Petugas keamanan RSPI juga menyebut bahwa pihak manajemen saat ini tidak berada di tempat lantaran akhir pekan.

Virus Corona jenis baru ini mula-mula menyebar di Kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember lalu. Virus itu diketahui merupakan varian baru penyebab sejenis Sindrom Pernapasan Akut Berat (SARS) yang belum pernah terdeteksi sebelumnya. Mulanya diduga berasal dari hewan, belakangan disimpulkan bahwa virus itu juga bisa menular antarmanusia.

Jumlah korban meninggal akibat virus itu hingga Jumat (24/1) siang telah mencapai 26 orang. Jumlah itu melonjak nyaris tiga kali lipat dibandingkan hari Selasa (21/1) yang hanya sebanyak 9 orang. Sedangkan pasien yang tertular di Cina telah mencapai 830 orang.


Virus Corona yang berasal dari Wuhan kini telah menyebar ke berbagai wilayah padat penduduk seperti Beijing, Shanghai, Makau dan Hong Kong. Penularan juga ditemukan telah sampai ke Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Thailand, Filipina, dan yang terbaru di Amerika Serikat.

Berita Terkait
  • Kemenkes Pastikan Pasien RSPI Negatif Corona
  • Virus Corona tak Ganggu Pariwisata di Batam
  • Dokter di China yang Tangani Virus Corona Meninggal
Berita Lainnya
  • Mantan Pejabat OMA Ditunjuk Duterte untuk Otonomi Bangsamoro
  • Gunungkidul Vaksin 11.616 Hewan Ternak

RSPI Pastikan Pasiennya Negatif Corona

RSPI Pastikan Pasiennya Negatif Corona

RSPI Pastikan Pasiennya Negatif Corona

RSPI Pastikan Pasiennya Negatif Corona

RSPI Pastikan Pasiennya Negatif Corona

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya