0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sampling Tes Covid-19 di Denpasar Tinggal Empat Sekolah

Nusabali
Nusabali - Tue, 30 Nov 2021 19:53
Dilihat: 91
Sampling Tes Covid-19 di Denpasar Tinggal Empat Sekolah
Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Luh Putu Sri Armini, ditemui, Selasa (30/11/2021). "Tinggal 4 sekolah, sudah mau selesai dari 62 sekolah, dari tingkat PAUD/TK, SD, SMP, SMA,"ujarnya.

Sri Armini mengatakan, proses sampling tes Covid-19 sudah dilakukan sejak awal bulan November 2021. Pelaksanaannya melibatkan masing-masing Puskesmas yang kebetulan mewilayahi sekolah yang terpilih mengikuti sampling.

Puskesmas pun mesti berkoordinasi dengan sekolah terkait kesiapan mereka melaksanakan tes Covid-19. "Tergantung kesiapan masing-masing sekolah, koordinasi dengan Puskesmas," kata Sri Armini.

Kepala Puskesmas Denpasar Timur 1, IGA Mirah Herawati, membenarkan ada empat sekolah yang berada di wilayah kerjanya belum melaksanakan sampling tes PCR Covid-19.

Mirah mengungkapkan, empat sekolah terdiri dari 1 PAUD/TK, 1 SMP, dan 2 SMA/SMK. Dijelaskannya, ada enam sekolah yang menjadi kewenangan Puskesmas Denpasar Timur 1 melakukan sampling tes Covid-19.

Pelaksanaan tes Covid-19 di sekolah-sekolah tersebut tidak bisa selalu dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ada. Ada banyak pertimbangan. Selain kesiapan sekolah yang bersangkutan, kesiapan pihak Puskesmas juga menjadi pertimbangan. "Tetap kita koordinasi dengan sekolah, karena mereka kan harus menghubungi orang tua," terang Mirah.

"Sekolah sebelum melakukan sampling tes PCR juga harus berkoordinasi dengan pihak desa (Satgas Covid-19 Desa)."

Selain kesiapan pihak sekolah, kendala lain adalah ketika ditemukan kasus positif pada sekolah yang telah dilakukan sampling sebelumnya. Pasalnya, pihak Puskesmas harus melakukan tes kembali kepada siswa atau guru yang kedapatan positif Covid-19, yaitu 5 hari setelah dinyatakan positif.

Hal itu membuat jadwal tes Covid-19 pada sekolah yang mendapat giliran selanjutnya harus diundur. Namun demikian, Mirah tetap yakin jika dengan sisa empat sekolah yang belum melakukan sampling, pihaknya dapat menyelesaikan pada awal Desember ini. "Awal Desember kita sudah selesai," tegasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, melaporkan ditemukannya sejumlah kasus positif Covid-19 pada pelaksanaan sampling tes PCR Covid-19 di beberapa sekolah di Denpasar. "Jumlah siswa yang positif Covid-19 sebanyak 31 orang, sementara 6 orang lainnya merupakan guru," kata Dewa Rai, Senin (29/11/2021).

Dari total 37 kasus positif, 31 orang terdiri dari siswa SD sebanyak 30 orang dan 1 orang siswa SMP. Sementara selebihnya merupakan guru, yakni 4 orang guru SD dan 2 orang guru SMA.

Dengan ditemukannya kasus positif pada sekolah yang bersangkutan, maka pihak sekolah wajib menghentikan kegiatan PTM terbatas untuk sementara selama dua minggu ke depan. Adapun sekolah yang pelaksanaan PTM-nya dihentikan sejauh ini terdiri dari 16 SD/MI, 1 SMP, serta 2 SMA. *adi
Sumber: Nusabali

Sampling Tes Covid-19 di Denpasar Tinggal Empat Sekolah

Sampling Tes Covid-19 di Denpasar Tinggal Empat Sekolah

Sampling Tes Covid-19 di Denpasar Tinggal Empat Sekolah

Sampling Tes Covid-19 di Denpasar Tinggal Empat Sekolah

Sampling Tes Covid-19 di Denpasar Tinggal Empat Sekolah

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya