0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sebelum Beli Rumah Baru: Jual Rumah Lama Atau Cukup Disewakan Saja?

rumah123
rumah123 - Wed, 03 Jul 2019 12:04
Dilihat: 46
Sebelum Beli Rumah Baru: Jual Rumah Lama Atau Cukup Disewakan Saja?Ilustrasi Rumah. Sebelum Membeli Rumah Baru, Kamu Memiliki Pilihan untuk Menjual Rumah Lama Atau Menyewakan Rumah Lama (Foto: Rumah123/Getty Images)[/caption]

Kamu dihadapkan pada dua pilihan saat ingin memiliki rumah baru, menjual rumah lama lantas membeli rumah baru atau menyewakan rumah lama sambil menyicil rumah baru. Sebelum memutuskannya, kamu harus melihat situasi kondisi.

Setelah sekian lama, kehidupan kamu tentunya berubah dan berkembang. Dulu, kamu masih menempati rumah yang kecil.

Namun, seiring pertambahan jumlah anggota keluarga, perkembangan karier dan bisnis, serta lainnya, kamu membutuhkan rumah yang lebih besar. Kamu harus pindah dari rumah yang lama ke rumah yang baru.

Baca juga:Tips Jual Rumah: 4 Rahasia Jual Properti Lebih Mahal

Ada beberapa pilihan untuk hal tersebut. Kamu menjual rumah lama untuk membeli rumah baru atau kamu menyewakan rumah lama untuk membiayai cicilan rumah baru.

Saat kamu memilih menjual rumah lama, tentunya dananya tidak akan cukup untuk membeli rumah baru. Kamu harus mengambil uang tabungan atau menyicil sisa kekurangan melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dari bank.

Kamu masih bingung untuk menentukan yang mana? Situs Realtor.com memberikan sejumlah tips apakah kamu harus menjual rumah atau menyewakannya rumah lama untuk menyicil rumah baru.

Baca juga:Tips Jual Rumah: 11 Alasan Kenapa Rumah Susah Dijual

Tidak Perlu Jual Rumah Lama untuk Beli Rumah Baru

Ada orang yang memutuskan untuk menjual rumah lama untuk membeli rumah baru. Namun, hal ini tidak berlaku bagi semua orang. Mungkin kamu hanya butuh menyewa saja pada rumah baru. Maka, kamu bisa menyewakan rumah lama. Hal seperti ini merupakan rentvestor.

Jika kamu memilih menjadi rentvestor, kamu menyewa rumah baru dengan harga yang murah, namun kamu mendapatkan rental yield atau sewa rumah lama dengan nilai yang tinggi.

Punya Kemampuan untuk Cicilan KPR Kedua

Bukan tidak mungkin kamu memiliki kemampuan untuk mengambil KPR kedua, walau pun KPR rumah pertama belum selesai. Bisa jadi KPR pertama tinggal beberapa tahun lalu. Atau penghasilan kamu dan pasangan bisa menyicil KPR kedua.

Kalau kamu dan pasangan memang memiliki penghasilan lebih dari cukup, pastinya bank bisa memberikan kemudahan kamu untuk mendapatkan KPR kedua, ketiga, dan selanjutnya.

Waktu yang Tidak Tepat untuk Menjual

Kalau kamu baru saja membeli rumah lama atau memiliki rumah lama dalam durasi beberapa tahun saja, bisa jadi kenaikan harganya belum tinggi. Saat kamu ingin menjual, kamu belum mendapatkan keuntungan besar guna memperoleh dana pembelian rumah baru.

Untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi properti, kamu memang harus menunggu dalam jangka waktu yang cukup lama.

Properti Berada di Kawasan yang Dibidik Penyewa

Kalau rumah kamu berada di kawasan yang dibidik penyewa, maka lebih baik kamu menyewakannya saja. Kamu bisa memperoleh uang sewa untuk menyicil pembelian rumah baru. Ada tiga kawasan yang biasanya banyak penyewa yaitu kawasan dekat universitas atau sekolah, kawasan industri, dan kawasan bisnis.

Kamu hanya perlu mengubah rumah kamu menjadi hunian sewaan yang menarik sehingga penyewa tertarik dan mau membayar mahal. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa fitur seperti pendingin udara, Wi-Fi, dan lainnya.


Nah, setelah membaca ulasan ini, kamu bisa memiliki insight sebelum membeli rumah baru. Apakah menjual rumah lama atau sekedar menyewakannya saja?

]]>
Sumber: rumah123

Sebelum Beli Rumah Baru: Jual Rumah Lama Atau Cukup Disewakan Saja?

Sebelum Beli Rumah Baru: Jual Rumah Lama Atau Cukup Disewakan Saja?

Sebelum Beli Rumah Baru: Jual Rumah Lama Atau Cukup Disewakan Saja?

Sebelum Beli Rumah Baru: Jual Rumah Lama Atau Cukup Disewakan Saja?

Sebelum Beli Rumah Baru: Jual Rumah Lama Atau Cukup Disewakan Saja?

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya