0
Thumbs Up
Thumbs Down

Selesai "Tawaf" di Papua, Ini 7 Pesan Wapres

okezone
okezone - Sat, 03 Dec 2022 07:01
Dilihat: 95
Selesai "Tawaf" di Papua, Ini 7 Pesan Wapres

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengakhiri rangkaian kunjungan kerjanya di wilayah Indonesia Timur sejak 28 November hingga 2 Desember 2022. Wapres selaku Ketua Badan Pengarah Papua (BPP) pun menyampaikan tujuh poin utama dari hasil kunjungannya selama 5 hari di Tanah Papua.

"Saya sebut Kunker (Kunjungan Kerja) Papua ini bagaikan suatu "tawaf Papua", berputar mengelilingi Papua," ujar Wapres dalam keterangan resminya, Sabtu (3/12/2022).

Terhitung selama 5 hari Wapres mengunjungi beberapa kota dan kabupaten yang tersebar di Tanah Papua, seperti Jayapura, Merauke, Mimika, Kaimana, dan Biak Numfor. Dari kunjungan kerjanya tersebut, pertama, Wapres mengakui rangkaian kunjungan kerjanya kali ini yang paling berkesan dan memiliki optimistis yang sangat tinggi dalam memajukan masyarakat Papua.

"Saya sangat terkesan dengan semangat yang optimistik dari berbagai segmen sosial dalam mewujudkan Papua yang sejahtera, adil, dan damai," jelasnya.

Kedua, Wapres merasakan energi positif di Tanah Papua, melalui landasan ikatan agama, adat, dan kepemimpinan pemerintah setempat dalam menjaga kerukunan antarumat beragama.

"Saya akan memperkuat kolaborasi dengan gereja melalui Persekutuan Gereja-Gereja di Tanah Papua maupun melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)," ungkapnya.

Lebih lanjut, Wapres memberikan apresiasi kepada masyarakat Papua yang tekun dan gigih dalam memajukan potensi wilayah yang dimiliki daerah masing-masing, seperti sentra kopi di wilayah pegunungan, lumbung pangan Merauke, sentra rempah pala di Fakfak dan Kaimana, lumbung ikan nasional di Papua, hingga kebijakan Sail Teluk Cenderawasih-Semenanjung Bomberai Raya.

"Saya mengapresiasi keinginan kuat untuk mengembangkan komoditas unggulan lokal," ujarnya.

Keempat, Wapres menyadari pentingnya konektivitas dan infrastruktur sebagai modal utama dalam membangun Tanah Papua, sehingga memerlukan perencanaan matang dalam rencana penyelenggaraannya.

"Kehadiran provinsi-provinsi baru menuntut perlunya suatu master plan baru terkait sistem transportasi terpadu Tanah Papua, termasuk skenario baru Trans Papua," tutur Wapres.

Di sisi lain, menurut Wapres dengan adanya Daerah Otonom Baru (DOB) dapat membangkitkan gairah sportivitas dalam membangun percepatan, pelayanan, dan pembangunan di Tanah Papua, atau Wapres menyebutnya sebagai game changer.


"Pemekaran Provinsi Papua adalah game changer dalam percepatan pembangunan Papua," imbuhnya.

Sumber: okezone

Selesai "Tawaf" di Papua, Ini 7 Pesan Wapres

Selesai "Tawaf" di Papua, Ini 7 Pesan Wapres

Selesai "Tawaf" di Papua, Ini 7 Pesan Wapres

Selesai "Tawaf" di Papua, Ini 7 Pesan Wapres

Selesai "Tawaf" di Papua, Ini 7 Pesan Wapres

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya