0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sidang Ratna Sarumpaet Dilanjutkan Pekan Depan

Republika Online
Republika Online - Tue, 12 Mar 2019 13:44
Dilihat: 125
Sidang Ratna Sarumpaet Dilanjutkan Pekan Depan

JAKARTA -- Sidang kasus penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet, akan dilanjutkan pada Selasa (19/3) pekan depan. Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini, Selasa (12/3), Jaksa Penuntut Umum (JPU) menolak eksepsi yang diajukan kuasa hukum Ratna Sarumpaet.

Dalam tanggapannya, JPU meminta hakim menolak eksepsi yang diajukan pihak terdakwa. JPU menilai nota keberatan terdakwa tidak memiliki kekuatan yuridis. Sedangkan tim kuasa hukum Ratna menyebut, dakwaan JPU tidak cermat, tidak jelas, dan tidak lengkap sehingga tidak memenuhi ketentuan yang tertuang dalam Pasal 143 ayat 2 huruf b Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Tim kuasa hukum Ratna menyatakan tuntutan tersebut tidak menjelaskan dengan detail terkait kalimat mana yang menjadi bagian dari ujaran kebencian serta tidak jelas ditujukan kepada pihak suku, agama maupun ras yang mana serta tempat dan waktu ujaran kebencian tersebut.

"Oleh jaksa disebutkan bahwa kasus ini menimbulkan keonaran, tetapi ini kan lewat cuitan-cuitan. Ini kan terjadi di dunia maya sehingga keonaran dari mana," kata Insank Nasruddin selaku tim kuasa hukum Ratna.

Tim kuasa hukum Ratna meminta Majelis Hakim untuk tidak menerima surat dakwaan jaksa penuntut umum. Hal ini dikarenakan jaksa penuntut umum menggunakan Pasal 14 ayat 1 UU No 1 Tahun 1946. Padahal secara hukum setiap perbuatan yang diancam dalam delik pasal 14 ayat 1 tersebut diatur dalam undang-undang lain di luar KUHP sehingga pasal itu tidak dapat digunakan dalam surat dakwaan.

Sementara jaksa menilai pandangan kuasa hukum itu prematur. "Kuasa hukum terlalu dini atau prematur mengatakan bahwa keonaran dalam kasus ini tidak terjadi," kata Sarwoto selaku tim jaksa penuntut umum.

Dalam sidang tersebut, jaksa meminta agar majelis hakim bersedia menyatakan surat dakwaan JPU sah dan berkenan melanjutkan perkara pemeriksaan. "Apakah alasan yang dibangun oleh kuasa hukum masih dalam ruang lingkup eksepsi atau justru suatu bentuk penggiringan opini untuk mempengaruhi proses persidangan," kata Sarwoto.

Meski demikian, tim kuasa hukum Ratna menghargai setiap keputusan hakim. "Jaksa penuntut umum berpendapat itu prematur atau tidak, ya kita tunggu di sidang berikutnya, biar hakim yang menilai," ujar Insank. Ia berharap majelis hakim dapat memberikan keputusan yang obyektif.

Ratna Sarumpaet hadir di PN Jaksel dengan didampingi oleh anaknya yaitu Atiqah Hasiholan. Sesaat sebelum menjalani persidangan, Ratna sempat melempar senyum kepada awak media yang datang. Baik Ratna maupun Atiqah nampak tenang menghadapi persidangan dari awal hingga akhir. Selesai persidangan, Ratna langsung digiring kembali menuju mobil tahanan dengan pengawalan ketat.


Berita Terkait
  • Jaksa Minta Hakim Tolak Eksepsi Ratna Sarumpaet
  • Ratna Sarumpaet Jalani Sidang Lanjutan Kasus Berita Bohong
  • Revitalisasi Pasar Geliatkan Ekonomi Rakyat
Berita Lainnya
  • Kemenkominfo Ingin Berikan Subsidi ke Perusahaan Fintech
  • Kiai Ma'ruf Terima Dukungan dari Kiai dan Ulama Pasundan

Sidang Ratna Sarumpaet Dilanjutkan Pekan Depan

Sidang Ratna Sarumpaet Dilanjutkan Pekan Depan

Sidang Ratna Sarumpaet Dilanjutkan Pekan Depan

Sidang Ratna Sarumpaet Dilanjutkan Pekan Depan

Sidang Ratna Sarumpaet Dilanjutkan Pekan Depan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya