0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sri Mulyani Minta Ekspor Produk Halal Diperbesar

okezone
okezone - Mon, 21 Sep 2020 11:54
Dilihat: 61
Sri Mulyani Minta Ekspor Produk Halal Diperbesar

JAKARTA - Pemerintah di minta mempertahankan ekspor produk halal Indonesia ke negara-negara islam di era pandemi virus corona atau covid-19. Khususnya ke negara-negara yang berada dalam Organisasi Kerja Sama Internasional (OKI).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan industri halal punya potensi besar. Pasalnya, Indonesia dilihat dari industri halal dan berlandaskan prinsip Islam, dengan jumlah penduduk dunia yang mencapai 1,8 miliar umat muslim atau 24% dari total penduduk dunia, dengan total pengeluaran muslim dunia diestimasikan USS2,2 triliun.

Baca Juga: Sertifikat Halal Gratis untuk UKM, Bagaimana Pelaksanaannya?

"Ini masuk di seluruh bidang dari makanan, obat-obatan, lifestyle dan dipengaruhi oleh kebutuhan serta etika nilai dan ajaran Islam. Pengeluaran ini juga memiliki pertumbuhan yang cukup besar, 5,2%. Dengan pertumbuhan yang pesat tersebut, maka sebetulnya ekonomi syariah merupakan bagian penting di dalam ekonomi global," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (21/9/2020).

Kata dia, beberapa negara telah menjadi pionir di dalam pembentukan ekosistem syariah dan Indonesia juga terus meningkatkan dari keseluruhan elemen ekosistem syariah, dari peraturan perundang-undangan hingga institusional. Saat ini, pemerintah bersama stakeholder membangun seluruh pegiat maupun pemikir dan pembuat policy di bidang syariah.

Baca Juga: Pelaku UMKM Akan Dapat Perlakuan Khusus untuk Urus Jaminan Produk Halal

"Maka, kita perlu untuk terus membangun ekosistem ini dengan mulai dari policy, regulasi, instrumen dan juga langkah-langkah yang sifatnya bisa menjawab kebutuhan umat secara inklusif. Karena Indonesia adalah negara yang memiliki kebhinekaan, namun mayoritas masyarakatnya adalah muslim," jelasnya.

Dia menekankan Indonesia memiliki kekuatan yang luar biasa untuk memberikan jawaban mengenai relevansi nilai islam di dalam kehidupan dunia. Indonesia yang bhineka dan memiliki kemajuan dan islam tetap bisa dilaksanakan secara baik.

"Ini terus didukung dan didorong oleh peningkatan kesejahteraan di negara-negara yang memiliki penduduk muslim," tandasnya.

Sumber: okezone

Sri Mulyani Minta Ekspor Produk Halal Diperbesar

Sri Mulyani Minta Ekspor Produk Halal Diperbesar

Sri Mulyani Minta Ekspor Produk Halal Diperbesar

Sri Mulyani Minta Ekspor Produk Halal Diperbesar

Sri Mulyani Minta Ekspor Produk Halal Diperbesar

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya