0
Thumbs Up
Thumbs Down

Studi: Virus Covid-19 Bertahan 17 Hari di Diamond Princess

Republika Online
Republika Online - Wed, 25 Mar 2020 00:35
Dilihat: 45
Studi: Virus Covid-19 Bertahan 17 Hari di Diamond Princess

ATLANTA -- Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merilis data dari studi terbaru yang digagas bersama pemerintah Jepang. Studi mengungkap bahwa virus Covid-19 bertahan lebih lama di permukaan daripada yang selama ini diketahui.

Studi menganalisis virus corona Covid-19 pada kasus spesifik, yakni kapal pesiar Diamond Princess yang berlabuh di Jepang dan Grand Princess yang berlabuh di California. Hasil riset menunjukkan, virus corona bertahan hingga 17 hari setelah kapal dikosongkan.

"Virus teridentifikasi pada berbagai permukaan di kabin penumpang Diamond Princess, baik yang terinfeksi dengan gejala dan tanpa gejala hingga 17 hari setelah kabin dikosongkan, tetapi sebelum prosedur disinfeksi dilakukan," tulis para peneliti.

Penemuan tidak mengungkap dengan jelas bahwa virus bisa menyebar melalui permukaan benda. Meski begitu, CDC memastikan bahwa perjalanan kapal pesiar memicu risiko tinggi penyebaran penyakit dengn cepat dan menyerang populasi yang rentan.

Tim peneliti mewanti-wanti populasi rentan untuk menghindari pelayaran selama pandemi Covid-19. Mereka mencatat bahwa per 17 Maret 2020, setidaknya terdapat 25 pelayaran kapal pesiar dengan kasus yang terdeteksi selama atau setelah pelayaran.

Diamond Princess dan Grand Princess mencatat lebih dari 800 kasus positif Covid-19, dengan 10 kematian. Khusus di Diamond Princess, 712 dari 3.711 penumpang dan awak kapal telah terinfeksi, atau sekitar 19,2 persen. Sembilan orang tewas setelah turun dari kapal.

Hampir setengah kasus yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala apapun ketika dites. Sebanyak 3.700 awak kapal dan penumpang menjalani karantina di pelabuhan Jepang pada 4 Februari setelah satu penumpang yang telah kembali ke Hong Kong positif Covid-19.

Sementara, Grand Princess terpaksa tetap berada di lepas pantai California setelah dua pasien yang turun terlebih dahulu menjalani tes dan dinyatakan positif corona. Setelah beberapa hari, pemerintah California mengarahkan kapal ke Oakland untuk karantina.

Sebelumnya, riset oleh tim peneliti dari CDC, UCLA, Institut Kesehatan Nasional, dan Universitas Princeton menemukan bahwa Covid-19 bertahan di permukaan plastik dan //stainless steel// selama tiga hari. Jumlah virus yang tersisa di permukaan berkurang dari waktu ke waktu, dikutip dari laman //CNBC//.


n Shelbi Asrianti

Berita Terkait
  • PBHI Desak Rapid Test Anggota DPR Dibatalkan
  • Wakil Ketua dan Komisioner Ombudsman Positif Covid 19
  • Warga Saudi Sambut Baik Jam Malam Saat Covid 19 Meningkat
Berita Lainnya
  • Krisis Covid-19 Bisa Buat Timo Werner Bertahan di Leipzig
  • Tiga Dosa Besar 'Terakhir'

Studi: Virus Covid-19 Bertahan 17 Hari di Diamond Princess

Studi: Virus Covid-19 Bertahan 17 Hari di Diamond Princess

Studi: Virus Covid-19 Bertahan 17 Hari di Diamond Princess

Studi: Virus Covid-19 Bertahan 17 Hari di Diamond Princess

Studi: Virus Covid-19 Bertahan 17 Hari di Diamond Princess

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya