0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sungai Watch Bersih-Bersih Sampah Plastik Alas Purwo

Nusabali
Nusabali - Thu, 26 May 2022 07:58
Dilihat: 50
Sungai Watch Bersih-Bersih Sampah Plastik Alas Purwo
Mereka memulai pembersihan pada Sabtu (21/5/2022) dan membersihkan muara sungai serta garis pantai sepanjang 15 kilometer di sepanjang pantai Alas Purwo. Pembersihan direncanakan selesai pada Kamis (26/5/2022), sehari sebelum pembukaan kompetisi selancar WSL (World Surf League) G-land Quicksilver Pro.

"Kami sangat kaget melihat bagaimana plastik memenuhi garis pantai terpencil yang masih asli ini, di mana tidak ada orang yang tinggal. Kami telah membersihkan beberapa tepi sungai kering, di mana plastik telah ada selama bertahun-tahun. Tidak ada lagi kepingan surga tanpa plastik," ujar Gary Bencheghib, Co-Founder Sungai Watch, Selasa (24/5).

Sungai Watch mengajak tim yang terdiri dari 9 orang dari Bali dan merekrut tim yang terdiri dari 17 orang penduduk setempat untuk membersihkan Alas Purwo. Dengan dukungan dari Pemerintah Banyuwangi, pengelola taman nasional, serta beberapa kelompok dan komunitas lokal, mereka berharap dapat sepenuhnya membersihkan sungai dan garis pantai taman nasional sebelum pembukaan kompetisi selancar WSL G-Land Quicksilver Pro. Sejauh ini Sungai Watch telah berhasil mengumpulkan sebanyak 4 ton plastik dalam 4 hari pertama.

Pembersihan ini merupakan aktivasi kegiatan pembersihan Sungai Watch di Pulau Jawa. Sungai Watch akan memperluas kegiatan pembersihan di daerah Jawa Timur pada bulan Juni 2022, di mana mereka akan menempatkan sebanyak 20 penghalang sampah di sungai dan membangun fasilitas pemilahan yang bekerja sama dengan Corona dan WSL Pure. Target Sungai Watch selanjutnya adalah memasang sebanyak 1.000 jaring sampah di seluruh Indonesia.

"Kami sangat bersemangat berada di Alas Purwo sebagai aktivasi pertama kami di Pulau Jawa. Plastik yang kami temukan di sini sebagian besar adalah styrofoam dan sandal, keduanya plastik yang mengapung, yang menunjukkan kepada kami bahwa ini semua berasal dari laut. Akhir minggu ini, kami akan memasang penghalang pertama kami di Jawa dan dengan cepat memperluas pekerjaan kami di seluruh pulau. Kami berharap bisa membersihkan sungai sebanyak mungkin untuk menghentikan sampah plastik mask ke laut," timpal Co-Founder Sungai Watch Sam Bencheghib.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, berkesempatan mengunjungi tim Sungai Watch di Alas Purwo pada Senin (24/5/2022). "Kita bersyukur teman-teman di Banyuwangi hari ini kita kedatangan dua orang hebat dari Sungai Watch yang berkontribusi menangani permasalahan sampah di Banyuwangi, kebetulan karena kita akan ada event WSL teman-teman dari Sungai Watch ini bantu kita untuk membersihkan lingkungan taman nasional yang dijadikan tempat berlangsungnya event WSL ini agar bebas dari sampah," ujar Fiestiandani.

"Ayo kita dukung program dari Sungai Watch, bersihkan sampah-sampah yang ada di sungai agar tidak mengalir ke lautan," ajaknya.

Sungai Watch merupakan organisasi lingkungan yang memiliki misi untuk menghentikan sampah plastik mengalir ke laut. Mereka memulai kegiatan pembersihan di Bali sejak 18 bulan lalu dan telah berhasil mengumpulkan sekitar 500 ribu kilogram plastik dari sungai dan lingkungan alam Bali. Mereka memasang penghalang sampah terapung di sungai untuk menghentikan aliran plastik masuk ke laut dan memilah serta mendaur ulang sampah yang mereka kumpulkan.

Sumber: Nusabali

Sungai Watch Bersih-Bersih Sampah Plastik Alas Purwo

Sungai Watch Bersih-Bersih Sampah Plastik Alas Purwo

Sungai Watch Bersih-Bersih Sampah Plastik Alas Purwo

Sungai Watch Bersih-Bersih Sampah Plastik Alas Purwo

Sungai Watch Bersih-Bersih Sampah Plastik Alas Purwo

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya