0
Thumbs Up
Thumbs Down

'Sura dan Sulu' Resmi jadi Maskot Pemilu 2024

Nusabali
Nusabali - Sat, 03 Dec 2022 12:50
Dilihat: 96
'Sura dan Sulu' Resmi jadi Maskot Pemilu 2024
"Hari ini, Jumat, 2 Desember 2022, KPU telah melakukan serangkaian penilaian lomba untuk jingle dan maskot Pemilu 2024," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat memberikan sambutan dalam acara peluncuran maskot dan jingle Pemilu 2024 di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (2/12).

Peluncuran maskot dan jingle tersebut ditandai secara simbolis dengan menekan tombol berwarna merah oleh Hasyim dan anggota lain KPU, yakni Idham Holik, Mochammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Betty Epsiloon Idroos, Yulianto Sudrajat, dan August Mellaz.

Sebelumnya, pemilihan maskot tersebut dilakukan dengan menyelenggarakan Lomba Desain Maskot Pemilu 2024 pada 22 Agustus-22 Oktober 2022. Dalam durasi waktu dua bulan tersebut, sebanyak 540 orang mengirimkan desain ke KPU dengan total 681 desain maskot.

Dari 681 desain maskot itu, karya mahasiswi bernama Stephanie (19), dari program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Pradita Tangerang, memenangkan lomba tersebut. "Dari hasil penilaian dengan beberapa kriteria, akhirnya diputuskan ada satu orang pemenang terbaik yaitu maskot dengan nama 'Sura' (singkatan dari Suara Rakyat) dan 'Sulu' (singkatan dari Suara Pemilu), karya dari Stephanie," kata August Mellaz dalam jumpa pers di Media Center KPU RI, Jakarta, Jumat (25/11).

Maskot Pemilu 2024 'Sura' dan 'Sulu' digambarkan dengan sosok menyerupai dua burung jalak bali. Sura adalah burung jalak jantan mewakili pemilih laki-laki dan Sulu merupakan burung jalak betina mewakili pemilih perempuan. 'Sura' dan 'Sulu' juga digambarkan sebagai sejumlah simbol pemilu, seperti logo KPU yang digambarkan di atas baju putih yang dikenakan Sura dan Sulu, serta paku sebagai alat mencoblos yang digenggam kedua burung tersebut. "Maskot ini yang paling penting simbol surat suara dan alat coblos," ujar Hasyim.

Peluncuran maskot dan jingle Pemilu 2024 dilakukan di tengah konsolidasi nasional KPU dalam rangka kesiapan Pemilu 2024, yang diikuti 6.341 peserta dari KPU pusat, provinsi, kabupaten, dan kota.*ant
Sumber: Nusabali

'Sura dan Sulu' Resmi jadi Maskot Pemilu 2024

'Sura dan Sulu' Resmi jadi Maskot Pemilu 2024

'Sura dan Sulu' Resmi jadi Maskot Pemilu 2024

'Sura dan Sulu' Resmi jadi Maskot Pemilu 2024

'Sura dan Sulu' Resmi jadi Maskot Pemilu 2024

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya