0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tantangan Praktisi Humas Dalam Pandemi Covid-19

Republika Online
Republika Online - Sat, 24 Oct 2020 14:41
Dilihat: 54
Tantangan Praktisi Humas Dalam Pandemi Covid-19

JAKARTA -- Dalam rangka peningkatan wawasan bagi mahasiswa, Program Studi (Prodi) Hubungan Masyarakat (Public Relations), kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menggelar webinar bertajuk 'Digital Campaign' secara daring melalui Zoom cloud meetings.

Yulianti Fajar Wulandari selaku humas Asosiasi Museum Indonesia (AMI) DKI Jakarta Paramita Jaya memaparkan bahwa di tengah kondisi Covid-19 ini, mau tidak mau menuntut berbagai pihak tidak terkecuali praktisi humas dalam menyajikan ruang informasi bagi publik dalam bentuk media online.

"Membawa ruang offline ke dalam ruang online dalam kegiatan wisata museum bukanlah sesuatu yang mudah. Sebab, bukan hanya strategi yang perlu dipikirkan dengan matang, tetapi juga inovasi-inovasi yang secara terus-menerus menuntut pembaharuan dalam setiap evennya," ujarnya, Kamis (22/10).

Yulianti membagikan beberapa poin digital campaign pada kesempatan ini, antara lain tindakan kampanye untuk menciptakan efek tertentu, jumlah khalayak sasaran yang besar, dipusatkan dalam kurun waktu tertentu, melalui serangkaian tindakan komunikasi yang terorganisir dan memanfaatkan media digital.

"Sebelum mengetahui efek apa yang dapat ditimbulkan dari digital campaign, sebaiknya ketahui dahulu apa perbedaan digital ampaign dan propaganda. Untuk propaganda sumber tidak jelas, waktu tidak dibatasi, sifat gagasan tertutup dan dianggap benar, tujuannya untuk mengubah kepercayaan, modus paksaan atau koersi, sifat kepentingan sepihak dan modus tindakan tanpa aturan," tandasnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Perlu memahami perbedaan digital campaign dan propaganda. (Foto: Dok UBSI)

Sedangkan pada digital campaign, sumber jelas, waktu yang dibatasi, sifat gagasan yang terbuka, tujuan yang tegas, spesifik, variatif, modus sukarela/ persuasif, sifat kepentingan untuk semua pihak, dan modus tindakan memiliki aturan/ etika.

"Campaign sendiri memiliki beberapa strategi persuasif seperti pilih komunikator yang terpercaya, kemas pesan sesuai keyakinan khalayak, munculkan kekuatan diri khalayak, ajak khalayak untuk berpikir, gunakan strategi pelibatan, gunakan strategi pembangunan inkonsistensi dan bangun resistensi khalayak terhadap pesan negatif," jelasnya.

Kepala Prodi Hubungan Masyarakat, Ita Suryani, mengatakan bahwa kegiatan yang sedianya diperuntukkan bagi mahasiswa semester tiga prodi Humas kampus UBSI ini menjadi salah satu agenda wajib dan rutin untuk diikuti oleh mahasiswa.

"Tidak hanya sebagai prasyarat lulus dalam mata kuliah workshop, kegiatan ini juga dimaksudkan agar membuka wawasan mahasiswa melalui pemaparan dari praktisi humas. Kegiatan ini sekaligus merupakan perpanjangan kesepakatan antara program studi Hubungan Masyarakat (Public Relations) kampus UBSI dengan AMI DKI Jakarta Paramita Jaya dalam bentuk MoU pada Selasa (11/8/2020)," ungkapnya.

Salah satu peserta Digital Campaign kampus UBSI, Aninditya, berharap ke depannya, museum yang ada di Indonesia khususnya di Jakarta dapat menyediakan ruang yang Instagramble bagi milenial. "Sehingga, menarik untuk dikunjungi, tidak hanya untuk mempelajari sejarah Indonesia namun mampu menjadi tempat yang asyik untuk berlama-lama di museum," ujarnya.


Berita Terkait
  • Prodi Penyiaran UBSI Gelar Manajemen Produksi Film Pendek
  • Rakornas Aptikom 2020 Digelar Virtual, 2-7 November 2020
  • UBSI Siap Kembangkan Karir Mahasiswa
Berita Lainnya
  • Tantangan Praktisi Humas Dalam Pandemi Covid-19
  • Dubai Miliki Air Mancur Terbesar di Dunia

Tantangan Praktisi Humas Dalam Pandemi Covid-19

Tantangan Praktisi Humas Dalam Pandemi Covid-19

Tantangan Praktisi Humas Dalam Pandemi Covid-19

Tantangan Praktisi Humas Dalam Pandemi Covid-19

Tantangan Praktisi Humas Dalam Pandemi Covid-19

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
harian pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya