0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tata Cara Mandi Wajib untuk Laki-Laki dan Perempuan | Lengkap dengan Bacaan

rumah123
rumah123 - Wed, 21 Oct 2020 18:00
Dilihat: 35
Tata Cara Mandi Wajib untuk Laki-Laki dan Perempuan | Lengkap dengan BacaanTata cara mandi wajib laki-laki dan perempuan yang sah dan benar lengkap dengan doa serta niat mandi junub bisa kamu temukan di sini!

Mandi junub atau mandi wajib adalah proses pembersihan tubuh dari najis yang mesti dilakukan oleh setiap muslim supaya ibadah yang dilakukannya dianggap sah.

Ketentuan mandi wajib laki-laki mengharuskan setelah melakukan hubungan suami-istri atau mengeluarkan sperma baik lewat mimpi basah maupun masturbasi.

Begitu pula dengan tata cara mandi wajib bagi perempuan yang biasanya dilakukan setelah melahirkan, berhubungan suami-istri, dan selepas masa menstruasi berakhir.

Simak panduan lengkap menjalankan mandi junub serta doa dan niat mandi wajib untuk laki-laki- dan perempuan berikut.

Tata Cara Mandi Wajib Laki-Laki yang Benar dan Sah

Aturan mengenai mandi junub untuk laki-laki dapat ditemukan dalam beberapa hadis, seperti HR At-Tirmidzi yang mewajibkan proses membasuh helaian rambut.

Ada juga tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW seperti yang dipandu dalam hadis Al-Bukhar:

"Dari Aisyah dia berkata, "Apabila Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudhu dengan wudhu untuk salat. Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata. Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki," (HR. Muslim).

Sementara dalam kitab Safinatun Najah, Syekh Salim bin Sumair Al Hadlrami menerangkan rukun mandi wajib dibagi menjadi niat dan membasuh seluruh tubuh dengan air.

Niat Mandi Wajib

Nawaitul gusla lirof'il hadatsil akbari minal jinabati fardlon lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari janabah, fardu karena Allah ta'ala."

Setelah membaca niat mandi wajib tersebut, dilanjutkan dengan meratakan air ke seluruh tubuh dengan urutan sebagai berikut:

1. Basuh kedua tangan dengan air mengalir sebanyak 3 kali.2. Menggosok area kemaluan dan dubur menggunakan air untuk menghilangkan najis dan sisa kotoran.3. Cuci kedua tangan dengan menggunakan sabun hingga bersih, lalu berwudhu seperti biasanya.4. Ambil sedikit air dengan kedua tangan untuk mengusap helaian rambut dengan jari sebanyak 3 kali.5. Tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah dilanjutkan dengan membasuh kepala sebanyak 3 kali.6. Guyur seluruh bagian tubuh bagian kanan terlebih dahulu baru kiri sebanyak masing-masing 3 kali.7. Siram kaki dengan air sebagai penutup.Tata Cara Mandi Wajib Bagi Perempuan yang Benar dan Sah

Mandi junub untuk kaum hawa biasanya dilakukan setelah selesai siklus menstruasi atau haid yang datang setiap bulannya.

Perbedaan utama antara tata cara mandi wajib laki-laki dan perempuan yaitu tidak diwajibkan membasuh rambut berdasarkan arahan dari hadis HR At-Tirmidzi.

Rujukan lain yang juga digunakan adalah hadis Ummu Salamah ketika beliau bertanya "Wahai Rasulullah, aku seorang perempuan yang gelungan rambutnya besar. Apakah aku harus membuka gelungan rambutku ketika mandi junub?".

Kemudian dibalas oleh Nabi Muhammad SAW "Jangan (kamu buka). Cukuplah kamu menyela-nyelai kepalamu dengan air tiga kali, kemudian basuh kepala dan badanmu dengan air, supaya kamu suci," (HR. Muslim).

Untuk niat mandi wajib bagi perempuan juga sama dengan yang digunakan oleh laki-laki.

Tata cara mandi wajib bagi perempuan sebagai berikut:

1. Mulai dengan membaca niat mandi junub.2. Bersihkan kedua telapak tangan sebanyak 3 kali dengan air bersih.3. Basuh area kemaluan dan dubur dengan menggunakan tangan kiri supaya hilang najis yang menempel.4. Cuci tangan dengan sabun, baru berwudhu untuk sholat seperti biasa.5. Bilas bagian kepala dengan mengguyur air sebanyak 3 kali (rambut boleh diikat ke belakang terlebih dahulu).6. Tata cara mandi wajib bagi perempuan berikutnya adalah membilas seluruh bagian tubuh dimulai dari kanan hingga ke kiri sebanyak 3 kali.7. Akhiri dengan membasuh kedua kaki.

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!


Intip juga proyek properti terbaru di Opus Park!

]]>
Sumber: rumah123

Tata Cara Mandi Wajib untuk Laki-Laki dan Perempuan | Lengkap dengan Bacaan

Tata Cara Mandi Wajib untuk Laki-Laki dan Perempuan | Lengkap dengan Bacaan

Tata Cara Mandi Wajib untuk Laki-Laki dan Perempuan | Lengkap dengan Bacaan

Tata Cara Mandi Wajib untuk Laki-Laki dan Perempuan | Lengkap dengan Bacaan

Tata Cara Mandi Wajib untuk Laki-Laki dan Perempuan | Lengkap dengan Bacaan

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya