0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tidak Lain Tidak Bukan, Capres Terkuat PDIP ya Anak...

wartaekonomi
wartaekonomi - Thu, 30 Jul 2020 13:24
Dilihat: 35
Jakarta

Dua kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dan Puan Maharani disebut-sebut memiliki peluang dalam Pilpres 2024. Apakah PDIP akan menduetkan keduanya?

Pakar hukum tata negara Refly Harun mengatakan, nama-nama tokoh yang sekarang masuk survei memang diprediksi bisa maju dalam Pilpres 2024. Dia mencontohkan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ada pula nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, kemudian politikus Gerindra Sandiaga Uno dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Baca Juga: Pengamat: Capres Masa Depan PDIP Bukan Puan Maharani, Tapi...

Baca Juga: Puan Maharani Tegaskan RUU HIP Akan Dihentikan

Dia menambahkan, nama-nama tersebut punya kelebihan dan kelemahan. Misal, Ganjar didukung partai besar seperti PDIP. Namun, di PDIP juga ada nama Puan Maharani.

"(Peluang) Ganjar sangat tergantung pada Megawati. Sehebat apa pun dia, kalau Mega bilang tidak, ya tidak. Tapi, kalau Mega bilang iya, ada peluang. Nah untuk Mega bilang iya, rasanya dia harus nomor satu di dalam survei seperti Jokowi 2014," ujar Refly di channel YouTube Refly Harun.

Kata Refly, kalau tidak nomor satu, peluang Ganjar hilang. "Kalau tidak nomor satu, ngapain. Barangkali PDIP akan realistis untuk menyorongkan Puan Maharani kepada calon yang kuat. Tidak ada yang tidak mungkin dalam politik," ujarnya.

Refly menambahkan, yang paling realistis bagi Puan saat ini adalah disodorkan menjadi calon wakil presiden. "Tapi wakil presiden dari (calon) presiden yang paling besar peluangnya. Kalau Ganjar begitu populernya, bukan tidak mungkin juga Ganjar dipasangkan dengan Puan Maharani," ujarnya.

Untuk memastikan duet tersebut, PDIP cukup mencari tambahan satu atau dua parpol pengusung. "Mereka cukup dengan satu koalisi partai saja dan yakin dengan elektabilitas Ganjar, Puan Maharani yang akan jadi wakil presidennya. Bisa jadi memaksakan begitu."

Refly kemudian mencontohkan ketika Jokowi dipasangkan dengan Ma'ruf Amin, sesungguhnya elektabilitas Ma'ruf tidak tinggi. Tapi, duet Jokowi-Ma'ruf diusung PDIP dan parpol lainnya demi menghindari munculnya 'macan' baru di 2024. "Kalau Mahfud jadi wapres, dia akan jadi macan di 2024," katanya.

Penulis: Redaksi

Editor: Vicky Fadil


Foto: Wahyu Putro A

Sumber: wartaekonomi

Tidak Lain Tidak Bukan, Capres Terkuat PDIP ya Anak...

Tidak Lain Tidak Bukan, Capres Terkuat PDIP ya Anak...

Tidak Lain Tidak Bukan, Capres Terkuat PDIP ya Anak...

Tidak Lain Tidak Bukan, Capres Terkuat PDIP ya Anak...

Tidak Lain Tidak Bukan, Capres Terkuat PDIP ya Anak...

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya