0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tinggalkan WhatsApp? 4 Aplikasi Ini Jamin Privasi Pengguna

Republika Online
Republika Online - Mon, 18 Jan 2021 21:28
Dilihat: 90
Tinggalkan WhatsApp? 4 Aplikasi Ini Jamin Privasi Pengguna

JAKARTA - Pada awal 2021, WhatsApp menjadi sorotan karena adanya pembaruan aturan kebijakan data privasi pengguna. Dalam pembaruan tersebut, pihak WhatsApp berencana membagikan data-data pengguna ke perusahaan induknnya, yaitu Facebook serta afiliasinya. Jika tidak setuju, pengguna tidak dapat menggunakan WhatsApp untuk chatting atau telepon.

Kebijakan baru ini tentu membuat privasi setiap indvidu terganggu dan menimbulkan perasaan tidak aman. Karena itu, banyak orang yang kemudian mulai mencari platform alternatif lain yang menawarkan privasi dan keamanan lebih baik daripada WhatsApp.

Menanggapi masalah itu, Chief Representatives Officer MiChat Indonesia, Gerald Mursjid, mengatakan WhatsApp tidak akan diterima dengan baik oleh penggunanya jika tetap menerapkan aturan seperti itu.

"Di era digital di mana informasi mudah dicari dan diperoleh, pengguna menjadi lebih fokus pada privasi mereka. Karena itu filosofi kami adalah memprioritaskan privasi mereka dan mengamankan data pribadi mereka," kata Gerald dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (16/1).

"Kami tidak membagikan atau menjual data pribadi mereka untuk digunakan di aplikasi lain," imbuhnya.

Saat masyarakat mulai mempertimbangkan pilihan mereka untuk berpindah ke aplikasi lain, berikut empat aplikasi alternatif yang layak untuk dipertimbangkan:

Signal

Signal merupakan aplikasi pesan singkat yang beroperasi di Amerika Serikat. Seperti WhatsApp, Signal juga menggunakan end-to-end encryption untuk semua fiturnya. Satu hal yang membedakan Signal dengan aplikasi lainnya adalah Signal hanya menyimpan nomor HP pengguna. Sebagai organisasi nirlaba, perusahaan tidak membagikan nomor HP pengguna ke pihak lain.

MiChat

Seperti Signal yang sudah mulai populer, MiChat juga mengutamakan dan menghormati privasi dan keamanan setiap penggunanya. MiChat, aplikasi pesan singkat asal Singapura, juga menggunakan fitur end-to-end encryption sehingga pesan yang dikirim hanya bisa dibaca pengirim dan penerima.

MiChat tidak menjual data para pengguna ke pihak luar atau pihak ketiga, dan hanya menggunakan data-data tersebut untuk mengoptimasi dan meningkatkan fitur-fitur yang ada di MiChat.

Perbedaan mencolok antara MiChat dengan aplikasi lainnya adalah MiChat tidak hanya menawarkan fitur chat dan telepon saja, tetapi juga fitur gaming di mana para pengguna dapat bermain bersama atau menantang temannya.

Untuk pengguna di Indonesia, beralih ke MiChat menjadi kemudahan tersendiri. Dengan lebih dari 10 juta unduhan di Indonesia, teman-teman Anda kemungkinan besar sudah menggunakan MiChat.

Telegram

Salah satu aplikasi yang diuntungkan akibat penerapan kebijakan baru di WhatsApp, Telegram merupakan aplikasi pesan singkat yang berdomisili di London tetapi beroperasi di Dubai. Telegram diklaim mengedepankan fitur privasi pengguna, yang memastikan data pengguna di enkripsi oleh pihaknya, untuk menghindari dari peretasan baik dari pihak peretas perorangan hingga pemerintahan. Berbeda dengan Signal, Telegram akan mengakses dan menyimpan info kontak, kontak, dan ID pengguna.

Palapa

Palapa merupakan aplikasi chatt asal Indonesia yang dikembangkan menggunakan system dari Signal. Xecure IT, pengembang dari aplikasi Palapa menyatakan bahwa aplikasi ini dirancang dengan menutamakan privasi dan keamanan di atas segalanya.

Palapa dilengkapi berbagai modul seperti fitur tanda tangan elektronik dan secure data exchange. Palapa dirancang dan dibangun dengan fungsi dasar anti hijacking, secure chat, secure voice/video call, dan penyimpanan data terenkripsi. Sama seperti Signal, Palapa hanya menyimpan nomor HP penggunnomor HP pengguna ke pihak lain.

Berita Terkait
  • Signal Pulihkan Layanannya Setelah Kebanjiran Pengguna Baru
  • BiP, Aplikasi Pesan Buatan Turki yang Dipakai di 192 Negara
  • WhatsApp Tunda Rencana Berbagi Data dengan Facebook
Berita Lainnya
  • In Picture: Laga The Reds dan Setan Merah Berakhir Imbang
  • Kali Pertama, Roket Virgin Mencapai Orbit

Tinggalkan WhatsApp? 4 Aplikasi Ini Jamin Privasi Pengguna

Tinggalkan WhatsApp? 4 Aplikasi Ini Jamin Privasi Pengguna

Tinggalkan WhatsApp? 4 Aplikasi Ini Jamin Privasi Pengguna

Tinggalkan WhatsApp? 4 Aplikasi Ini Jamin Privasi Pengguna

Tinggalkan WhatsApp? 4 Aplikasi Ini Jamin Privasi Pengguna

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya