0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tingkatan Teknologi Satelit, Telkomsat Gandeng Pusteksat

Republika Online
Republika Online - Sun, 29 Nov 2020 18:47
Dilihat: 85
Tingkatan Teknologi Satelit, Telkomsat Gandeng Pusteksat

JAKARTA -- Telkomsat dan Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) melakukan peningkatan kerjasama teknologi satelit melalui kunjungan serta diskusi yang dilakukan di ruang rapat galaxy di Jl. Cagak Satelit No. 8, Bogor, Jawa barat belum lama ini.

Sejumlah peluang peningkatan kerjasama yang dapat dilakukan rampung dibahas. Seperti, pemanfaatan data Automatic Identification System (AIS) untuk kebutuhan vessel tracking. Hal ini membuat kapal dapat dipantau dan dikoordinir dari kantor di darat sekaligus untuk komunikasi dengan awak kapal, pemanfaatan sarana dan prasarana untuk penelitian dan pengembangan teknologi satelit, pemanfaatan Stasiun Bumi Biak dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Peluang kerjasama lainnya terkait penelitian dan pengembangan satelit mikro dengan misi komunikasi, penelitian dan pengembangan satelit GEO, operasi telemetry, Tracking and Command (TT&C), hosting payload dan lainnya.

"Tujuan kerjasama ini untuk membangun ekosistem industri satelit Indonesia. Oleh karenanya Pusteksat harus bekerjasama dengan industri dan akademisi," ujar Kepala Pusteksat, Mujtahid, Ahad (29/11).

Hal senada disampaikan Koordinator bidang diseminasi Pusteksat, Wahyudi Hasbi yang menuturkan keterlibatan industri dalam membangun ekosistem industri satelit sangat penting mengingat Pusteksat sebagai lembaga penelitian dan pengembangan dibatasi berbagai regulasi.

"Bagaimanapun kami tidak bisa menjadi pabrik satelit, harus ada industri atau startup yang bergerak di bidang teknologi satelit sehingga nantinya terjadi sinergi. Kami membangun fasilitas bertaraf internasional untuk penelitian dan pengembangan yang dibutuhkan industri, lalu industri memberikan pelayanan kepada para pengguna," kata Wahyudi.

Peningkatan kerjasama ini disambut baik oleh CEO Telkomsat, Endi Fitri Herlianto. Endi menuturkan, peluang kerjasama yang dapat dijalin sangat besar sehingga diperlukan diskusi-diskusi lanjutan. Endi juga setuju bahwa dalam membangun ekosistem industri satelit dibutuhkan keterlibatan industri dan akademisi.

"Peluang kerjasama dengan Pusteksat sangat besar, oleh karenanya Telkomsat siap bersinergi," kata Endi.

Dalam perbincangan yang cukup hangat ini, CEO Telkomsat juga menyampaikan kembali komitmen perseroan untuk terus memberikan akses telekomunikasi yang mumpuni di daerah dengan kategori 3T atau Terluar, Terdepan dan Tertinggal. Salah satunya selain dengan menghadirkan layanan internet satelit dengan interkoneksi yang cepat juga mendukung segala kebutuhan untuk dunia pendidikan, kesehatan, pemerintahan daerah, pertahanan dan keamanan, transportasi hingga meningkatkan perekonomian yang sangat dibutuhkan saat ini.

Seperti diketahui selumnya pada 2018 lalu LAPAN telah menjalin kerjasama dengan PT Telkom terkait "Sinergi Bidang Telekomunikasi, Informasi, Media, Edutaintment dan Services dengan Teknologi Penerbangan dan Antariksa".

Nota kesepahamannya mencakup penelitian, penguasaan, pengembangan dan pemanfaatan sains antariksa dan atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa serta penginderaan jauh untuk mendukung layanan TIMES. Selain itu pengkajian di bidang keantariksaan, komersialisasi produk dan fasilitas LAPAN serta pemanfaatan layanan TIMES untuk kebutuhan LAPAN dan mitra LAPAN juga tercakup dalam nota kesepahaman.


Berita Terkait
  • Pemerintah Siapkan Rp 22 Triliun untuk Palapa Ring
  • Proyek Palapa Ring Diresmikan, Indonesia Tambah Tiga Satelit
  • Indonesia yang Kalah di Pengadilan Arbritase Internasional
Berita Lainnya
  • Menhub Minta Percepat Pembangunan LRT
  • Inggris Negosiasi Perdagangan Uni Eropa dengan Irlandia

Tingkatan Teknologi Satelit, Telkomsat Gandeng Pusteksat

Tingkatan Teknologi Satelit, Telkomsat Gandeng Pusteksat

Tingkatan Teknologi Satelit, Telkomsat Gandeng Pusteksat

Tingkatan Teknologi Satelit, Telkomsat Gandeng Pusteksat

Tingkatan Teknologi Satelit, Telkomsat Gandeng Pusteksat

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya