0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tips Agar Keuangan Tetap Sehat, Kantong Aman di Akhir Bulan

genpi
genpi - Thu, 30 Jun 2022 01:23
Dilihat: 54

GenPI.co Kepri - Menjaga keuangan tetap sehat sangat diperlukan, jangan sampai terlalu konsumtif hingga membuat kantong aman di akhir bulan jadi mitos semata.

Sikap kehati-hatian sangat diperlukan agar tetap sehat secara finansial. Berikut lima tips agar keuangan tetap sehat dikutip dari siaran resmi Bibit.id, Rabu (29/6).

1. Jangan besar pasak dari tiang

Jangan besar pasak dari pada tiang atau besar pengeluaran dari pemasukan. Salah satu caranya adalah dengan menghindari sifat konsumtif.

Jangan sampai berhutang dengan jaminan pendapatan di bulan selanjutnya. Apalagi jika pendapatan Anda sudah pasti dengan jumlah yang sama dengan bulan ini. Anda hanya akan mengacaukan perhitungan finansial yang harusnya sudah ada peruntukannya, tapi malah harus bayar utang.

Jika Anda punya kartu kredit sebaiknya segera disingkirkan, karena akan membuat Anda tergiur untuk menggunakannya, bahkan untuk hal-hal sepele seperti biaya makan, hingga hiburan.

2. Ketahui cara investasi dengan benar

Cari tahu cara berinvestasi dengan benar. PR & Corporate Communication Lead Bibit.id William mencontohkan, fitur-fitur di aplikasi investasi reksa dana dan Surat Berharga Negara (SBN) untuk pemula bisa dimanfaatkan secara gratis.

Di aplikasi tersebut dapat membantu pengguna mengetahui profil risiko mereka serta menyeimbangkan risiko dengan tujuan keuangan yang ingin mereka capai.

3. Konsisten

Konsistensi merupakan kunci utama dalam mencapai tujuan keuangan. Setiap mendapatkan gaji, bisa ditabung secara rutin lewat fitur autodebet yang dialokasikan untuk investasi atau kebutuhan lainnya.

William menjelaskan, menabung rutin untuk investasi serupa dengan menerapkan metode Dollar Cost Averaging (DCA), pengguna menginvestasikan jumlah uang yang sama setiap bulan ataupun setiap minggu.

Strategi ini akan membantu pengguna disiplin untuk membeli unit yang lebih banyak pada waktu harga turun dan lebih sedikit pada waktu harga naik tanpa harus peduli pada kondisi ekonomi, tanpa peduli harga sedang naik atau turun. Metode ini juga dianjurkan oleh guru investasi seperti Warren Buffet.

4. Berinvestasi di tempat yang Aman

Sebagai investor pemula yang memiliki pengetahuan terbatas mengenai seluk-beluk investasi, berinvestasilah di instrumen investasi yang aman, yakni yang dikelola oleh para profesional.

Sebagai contoh, investasi reksa dana sangatlah sederhana dan disarankan untuk investor pemula karena dengan berinvestasi reksa dana, artinya uang dipercayakan untuk dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional.

5. Pastikan berizin

Pastikan platform yang membantu dalam berinvestasi haruslah platform yang sudah berizin dan diawasi oleh regulator di sektor jasa keuangan. (ant)

Heboh..! Coba simak video ini:

Sumber: genpi

Tips Agar Keuangan Tetap Sehat, Kantong Aman di Akhir Bulan

Tips Agar Keuangan Tetap Sehat, Kantong Aman di Akhir Bulan

Tips Agar Keuangan Tetap Sehat, Kantong Aman di Akhir Bulan

Tips Agar Keuangan Tetap Sehat, Kantong Aman di Akhir Bulan

Tips Agar Keuangan Tetap Sehat, Kantong Aman di Akhir Bulan

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya