0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tips Bikin Keripik Kentang Jadi Lebih Sehat untuk Tubuh

okezone
okezone - Wed, 24 Feb 2021 21:43
Dilihat: 60
Tips Bikin Keripik Kentang Jadi Lebih Sehat untuk Tubuh

KERIPIK kentang selama ini identik dengan makanan kurang sehat. Sebab, terkandung banyak kalori di dalam keripik kentang. Sebanyak 100 gram keripik kentang memiliki sekira 536 kalori. Ini mungkin saja bisa membuat berat badan bertambah. Tapi bisakah keripik kentang diubah menjadi lebih sehat?

Ternyata hal tersebut bisa saja diwujudkan. Terdapat tiga cara membuat keripik kentang jadi lebih sehat untuk tubuh. Masing-masing adalah memanggang, pan tossing, dan menggunakan microwave yang membantu mengurangi jumlah kalori tanpa mengurangi rasanya.

Baca juga: Cara Membuat Keripik Tempe yang Renyah

Bagaimanapun, karbohidrat dalam kentang akan tetap ada, tetapi penggunaan lebih sedikit minyak membuat keripik kentang jauh lebih sehat dibanding yang dalam bentuk kemasan atau goreng.

Langsung saja, yuk disimak tips membuat keripik kentang jadi makanan sehat, sebagaimana dipaparkan laman Times of India.

1. Keripik kentang microwave

Cuci dan iris 5 kentang ukuran sedang. Kemudian lapisi piring atau nampan tahan microwave dengan loyang, sebarkan irisannya.

Selanjutnya ambil mangkuk tambahkan 1 sdm minyak zaitun, garam dan merica sesuai selera, serta 1 sdt rempah campuran. Menggunakan sikat silikon, oleskan rempah ini pada irisan kentang dan microwave selama 3 hingga 5 menit.

Anda juga bisa mengeluarkannya dalam 3 menit, lalu balik sisi kentang dan microwave selama 3-4 menit lagi. Setelah selesai keluarkan dan nikmati.

2. Keripik kentang pan toss

Untuk membuat keripik kentang yang enak dengan cara pan toss, Anda membutuhkan 3-4 kentang berukuran sedang. Cuci dan iris dengan rapi. Rendam irisan kentang dengan sedikit kunyit dan garam sesuai selera.

Kemudian tambahkan 1 sdt bubuk jinten panggang, bubuk cabai merah, dan 1 sdt chaat masala bersama sedikit jus lemon. Rendam selama 30 menit. Selanjutnya, tambahkan 1 sdm minyak zaitun dan setelah minyak cukup panas, masukkan irisan dan balikkan hingga menjadi renyah.

Guna mengurangi konsumsi minyak, Anda juga bisa mencampurkan 1 sdm minyak sambil merendam lalu menggoreng keripik dalam wajan antilengket hanya dengan menyemprotkan atau menyikat sedikit minyak.

Baca juga: Susu atau Jus Jeruk, Minuman Terbaik saat Sarapan?

3. Keripik kentang panggang pedas

Cuci dan buat irisan tipis 4 buah kentang. Letakkan di piring dan taburi 1 sdm minyak zaitun, 1 sdt paprika, 1 sdt lada hitam, 1 sdt bubuk bawang putih, dan garam sesuai selera.

Campur semuanya dengan baik dan biarkan kentang menyerap rasanya. Sementara itu, panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius.


Selanjutnya letakkan kertas roti dan ratakan irisan dengan baik dan panggang keripik selama sekira 25-30 menit sampai teksturnya sesuai. Matikan api dan sajikan dengan saus favorit Anda.

Sumber: okezone

Tips Bikin Keripik Kentang Jadi Lebih Sehat untuk Tubuh

Tips Bikin Keripik Kentang Jadi Lebih Sehat untuk Tubuh

Tips Bikin Keripik Kentang Jadi Lebih Sehat untuk Tubuh

Tips Bikin Keripik Kentang Jadi Lebih Sehat untuk Tubuh

Tips Bikin Keripik Kentang Jadi Lebih Sehat untuk Tubuh

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya