0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tips Derek Mobil yang Baik dan Benar

RajaMobil
RajaMobil - Tue, 31 Mar 2020 11:28
Dilihat: 128
Tips Derek Mobil yang Baik dan Benar

Kondisi darurat tidak pernah bisa disangka olehsiapapun saat berkendara, seperti saat mobil mogok dan harus diderek. Persiapanalat derek menjadi salah satu tool kit yang harus selalu disediakan, dan jangansampai terlupakan. Agar mobil tidak mengalami kerusakan yang semakin parah,cara menderek mobil yang baik dan benar ini harus diperhatikan.

Jenis mobil harus disesuaikan dengan caramenderek mobil. Terutama bagi mobil yang diderek dengan mobil penderek khusus,yang biasanya diposisikan dengan cara mengangkat bagian depan atau belakangmobil. Jenis mobil ini berkaitan dengan sistem penggerak rodanya, seperti FWD(depan), RWD (belakang), 4WD (empat roda), dan AWD (semua roda).

Untuk jenis mobil FWD, bagian yang harusdiangkat adalah bagian belakang. Dengan mengangkat bagian belakang maka tidakakan merusak sistem penggerak rodanya yang terhubung sistem penggerak. RWD yangdiangkat bagian depan, untuk 4WD harus melihat penggerak utamanya di depan ataudi belakang, sedangkan AWD harus dinaikkan ke atas mobil penderek.

Untuk cara menderek tanpa mobil penderekkhusus, bisa dilakukan dengan menggunakan mobil lain. Syaratnya adalah mobilyang menderek minimal harus mempunyai ukuran yang sama dengan mobil yangdiderek. Semakin besar mobil penderek, maka resiko keamanan semakin baik.

Setelah menentukan mobil penderek, towing hookharus dipasang. Towing hook biasanya sudah disesuaikan oleh pabrikan dandisediakan khusus saat kondisi darurat seperti mogok, kecelakaan, atau kondisilainnya. Letak tow hook bagi mobil penderek biasanya berada di bagian bawahbumper belakang, sedangkan mobil yang diderek berada di bagian depan.

Penggunaan tali juga harus diperhatikan denganbenar. Pilih tali yang memiliki fleksibilitas namun tidak terlalu renggang.Biasanya bahan tali penderek mobil ini berjenis polyester atau nylon yangkhusus digunakan untuk mengangkat beban yang besar.

Atur jarak antara kedua mobil dengan maksimalpanjang setengah kali panjang kedua mobil. Maksudnya, ketika rata-rata panjangkedua mobil adalah 5 meter, maka jarak tali penderek maksimal 2,5 meter. Jarakini akan memberikan jarak yang efektif dalam penderekan, karena tidak terlalujauh dan juga tidak terlalu dekat.Setelah semuanya terpasang,atur kecepatan dengan konstan di angka 30-40 km/jam saja. Usahakan jangansampai melakukan akselerasi dan pengereman yang mendadak karena sangatberbahaya. Itulah tips derek mobil yang benar, agar siapapun bisa melewatikondisi darurat dengan tetap tenang dan aman.


The post Tips Derek Mobil yang Baik dan Benar appeared first on Review dan Berita Mobil.

Sumber: RajaMobil

Tips Derek Mobil yang Baik dan Benar

Tips Derek Mobil yang Baik dan Benar

Tips Derek Mobil yang Baik dan Benar

Tips Derek Mobil yang Baik dan Benar

Tips Derek Mobil yang Baik dan Benar

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya