0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tips Maksimalkan Fitur WhatsApp Selama Bekerja dari Rumah

telsetNews
telsetNews - Fri, 17 Apr 2020 10:00
Dilihat: 70
Tips Maksimalkan Fitur WhatsApp Selama Bekerja dari Rumah

Telset.id - Setelah beberapa minggu menjalankan aktivitas bekerja dari rumah atau work from home (WFH), masyarakat Indonesia mulai terbiasa menerapkan cara baru dalam berkomunikasi. Aplikasi pesan instant WhatsApp, menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan. Ada beberapa tips maksimalkan fitur WhatsApp agar kerja jadi praktis.

Menurut survei Buffer, agensi pengembangan brand online, secara global kesulitan untuk berkolaborasi dan berkomunikasi menjadi tantangan yang menempati posisi tiga teratas bagi pekerja yang bekerja dari rumah (remote workers).

Bagi sebagian orang yang baru mengenal konsep #WorkingFromHome (WFH), menatap layar terus menerus bisa membuat mereka merasa jenuh dan terbebani. Oleh karena itu, menggunakan alat komunikasi yang efektif menjadi sangat penting untuk menunjang pekerjaan kita sehari-hari.

Perusahaan riset pasar, Kantar mencatat dalam survei COVID-19 Barometer secara global bahwa penggunaan WhatsApp mengalami peningkatan sebanyak 40% di antara pengguna usia 18-34 tahun.

{Baca juga: Membuka Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus, Begini Caranya!}

Sebagai aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan, berikut ini panduan sederhana dari WhatsApp untuk membantu Anda maksimalkan fitur WhatsApp agar berkomunikasi dengan lancar selama WFH:

Tandai pesan dengan fitur "bintang" (star)

Ketika bekerja dari rumah, hampir sebagian besar koordinasi soal kerjaan mungkin terjadi di WhatsApp, dan bukan tidak mungkin Anda tergabung ke dalam grup WhatsApp baru. Alhasil notifikasi di WhatsApp menutupi pesan-pesan yang lebih penting.

Solusinya, Anda bisa menandai pesan-pesan penting yang Anda kirimkan di grup maupun di ruang chat, sehingga dapat dengan mudah untuk menemukannya kembali di kemudian hari.

Bagaimana caranya? Ketuk dan tahan pesan yang ingin Anda beri bintang > Ketuk Bintang. Mudah sekali, bukan.

Anda juga dapat menemukan pesan-pesan berbintang tersebut dengan mengetuk "opsi lainnya" yang berbentuk tiga titik di kanan layar handphone Anda, kemudian ketuk Pesan berbintang.

{Baca juga: Cara Amankan Akun WhatsApp Pakai Fitur Two Step Verification}

Lantas, bagaimana jika Anda lupa untuk memberikan bintang pada dokumen, tautan, atau file media dari bulan-bulan sebelumnya? Anda tidak perlu khawatir karena WhatsApp memiliki bagian khusus untuk semua file media, tautan, dan dokumen di setiap ruang chat. Anda dapat menemukan file yang diperlukan di bagian tersebut dan ketuk bintang.

Sesuaikan notifikasi

Anda pasti sering menerima banyak notifikasi dari grup-grup yang tidak berkaitan dengan pekerjaan saat melakukan konferensi atau video call penting. Agar bisa fokus saat melakukan video call, Anda dapat menyesuaikan notifikasi.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui notifikasi mana yang berasal dari bos, kolega, atau grup WhatsApp kantor Anda.

Untuk mengustomisasi notifikasi, pertama buka chat yang ingin Anda sesuaikan, ketuk nama chat individual atau grup tersebut, ketuk Notifikasi khusus dan kemudian centang Gunakan notifikasi khusus.

Jika Anda membutuhkan konsentrasi dan fokus yang lebih besar saat bekerja, Anda dapat membisukan notifikasi dengan membuka chat individual atau grup, ketuk nama chat individual atau grup tersebut, dan ketuk Bisukan notifikasi. Pilih jangka waktu yang Anda inginkan untuk membisukan notifikasi, lalu ketuk OK.

Sematkan chat

Dalam komunikasi sehari-hari di WhatsApp, perhatian Anda terbagi dari satu grup chat dengan grup chat lainnya. Grup kantor mungkin memerlukan respon cepat dari Anda. Menentukan prioritas Anda adalah kuncinya di sini.

{Baca juga: WhatsApp Web, Cara Pakai dan Trik Memaksimalkannya}

Fitur sematkan chat memungkinkan Anda untuk menyematkan grup kerja ke bagian atas daftar chat. Anda tidak akan lagi kesulitan mencari-cari grup kerja Anda di antara tumpukan chat-chat lainnya.

Untuk pengguna iPhone, gesek ke kanan chat yang ingin Anda sematkan, lalu ketuk Sematkan. Sementara untuk pengguna Android, ketuk dan tahan chat yang ingin Anda sematkan, lalu ketuk Sematkan chat.

Seluruh pesan Anda aman

Mengirim dokumen pekerjaan saat Anda berdekatan dengan rekan Anda akan terasa lebih nyaman karena Anda yakin bahwa tidak ada pihak ketiga yang dapat melihat dokumen tersebut.

Namun, berbagi file secara online bisa menegangkan, Anda mungkin bimbang untuk mengirim informasi pribadi di platform online. Tapi di WhatsApp pesan Anda terenkripsi secara end-to-end.

Dengan begitu, pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, pembaruan status, dan panggilan Anda tidak akan jatuh ke tangan yang salah. Hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda sajalah yang dapat membaca pesan yang telah dikirim.

Istirahat Sejenak, Sapalah teman Anda

Cobalah menelepon teman Anda atau orang-orang terdekat saat beristirahat atau seusai bekerja untuk sekadar saling sapa dan meringankan pikiran. Anda juga dapat melakukan panggilan grup hingga total empat orang melalui WhatsApp.

{Baca juga:Trik Akses WhatsApp Web di Smartphone Android}

Untuk melakukannya, Anda tinggal membuka chat dengan salah satu kontak yang ingin Anda hubungi melalui panggilan suara, lalu ketuk Panggilan Suara. Setelah kontak tersebut menerima panggilan, ketuk Tambah Peserta. Kemudian, cari atau pilih kontak lainnya yang ingin Anda tambahkan ke panggilan.

Nah itu tadi tips maksimalkan fitur WhatsAppp. Semoga aktiftas bekerja dari rumah lancar, dan kita semua harus tetap semangat saat #WorkFromHome. [HBS]

Artikel Tips Maksimalkan Fitur WhatsApp Selama Bekerja dari Rumah dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.id.

Sumber: telsetNews

Tips Maksimalkan Fitur WhatsApp Selama Bekerja dari Rumah

Tips Maksimalkan Fitur WhatsApp Selama Bekerja dari Rumah

Tips Maksimalkan Fitur WhatsApp Selama Bekerja dari Rumah

Tips Maksimalkan Fitur WhatsApp Selama Bekerja dari Rumah

Tips Maksimalkan Fitur WhatsApp Selama Bekerja dari Rumah

  
Berita Trending Gadget
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya