0
Thumbs Up
Thumbs Down

TNI Kirim 190 Konsentrator Oksigen ke Kalimantan

Republika Online
Republika Online - Wed, 04 Aug 2021 22:02
Dilihat: 91
TNI Kirim 190 Konsentrator Oksigen ke Kalimantan

JAKARTA--Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengirimkan bantuan alat dan tenaga kesehatan ke sejumlah daerah di Kalimantan. Secara total terdapat 14 tenaga kesehatan dan 190 konsentrator oksigen yang diberangkatkan menggunakan pesawat hercules dari Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"Sesuai dengan Undang-Undang TNI, Covid-19 ini adalah salah satu ancaman yang bisa mengganggu stabilitas negara serta kedaulatan negara. Oleh karena itu, wajib hukumnya TNI untuk berpartisipasi di dalam penanggulangan pandemi Covid-19," ujar Kapuskes TNI, Mayjen TNI Tugas Ratmono, dalam siaran pers, Rabu (4/8).

Pengiriman alat dan tenaga kesehatan itu dilaksanakan dalam rangka membantu pelaksanaan penanganan Covid-19 di sejumlah daerah di Kalimantan, yakni Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kota Tarakan, Kabupaten Berau. Sebanyak 14 personel tenaga kesehatan akan ditempatkan di Kota Banjarmasin dua personel, Kota Banjarbaru dua personel, Kota Tarakan lima personel, dan Kabupaten Berau lima personel.

Selain mengerahkan 14 tenaga kesehatan, TNI juga mengirimkan 190 konsetrator oksigen yang akan didistribusikan 50 konsetrator oksigen ke Kota Makassar, 25 konsentrator oksigen ke Kota Banjarmasin, 25 konsetrator oksigen ke Kota Banjarbaru, 40 konsentrator oksigen ke Kota Tarakan, dan 50 konsentrator oksigen ke Kabupaten Berau.

Pengiriman bantuan tersebut sesuai dengan perintah Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, tentang penggunaan kekuatan TNI untuk percepatan penanganan Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut juga seusai dengan pelaksanaan operasi penanganan Covid-19 dan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level IV.

Bantuan dikirim dengan menggunakan pesawat C-130 hercules TNI AU dari Skadron 32 Malang dengan pilot Mayor Pnb Fahmi Aldila Firdaus serta Co-Pilot Lettu Pnb Matehus Banu L dan Letda Pnb Satria Putradirga. Para tenaga kesehatan dan konsentrator oksigen diberangkatkan melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (4/8).

Adapun rute penerbangan pesawat C-130 hercules tersebut, yaitu take off dari Lanud Halim Perdanakusuma, Samarinda, Kalimantan Timur; Tarakan, Kalimantan Utara; Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Ujung Pandang, Makassar; dan Malang, Jawa Timur.

Kolonel Laut (K) Tjahja Nurobbi, yang didampingi oleh Danskadik 504 Halim Perdanakusuma, Letkol Kes Seno Hadi, menyampaikan, para tenaga kesehatan kalian ini merupakan orang-orang terpilih. Sebab, tidak semua orang bisa mendapatkan penugasan tersebut. "Kalian harus bersyukur dan bangga, laksanakan koordinasi sebaik-baiknya dengan instansi terkait, baik itu dengan Kodam, Kesdam, maupun instansi lain di luar TNI, pemerintah daerah, kecamatan, kabupaten, dan lain sebagainya," kata dia.


Berita Terkait
  • Nakes di Cirebon dan Indramayu Peroleh 15.900 Paket Suplemen
  • Pemprov DKI Perpanjang Waktu Perekrutan Nakes Tambahan
  • Pemprov DKI akan Bantu Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19
Berita Lainnya
  • TNI Kirim 190 Konsentrator Oksigen ke Kalimantan
  • In Picture: Ribuan Warga Berdesakan Antre Pendaftaran Vaksinasi

TNI Kirim 190 Konsentrator Oksigen ke Kalimantan

TNI Kirim 190 Konsentrator Oksigen ke Kalimantan

TNI Kirim 190 Konsentrator Oksigen ke Kalimantan

TNI Kirim 190 Konsentrator Oksigen ke Kalimantan

TNI Kirim 190 Konsentrator Oksigen ke Kalimantan

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya